Motor Listrik Dapat Insentif Rp 7 Juta Begini Tanggapan Asosiasi Pengusaha

Ardhana Adwitiya - Rabu, 8 Maret 2023 | 15:55 WIB
Erwan Hartawan/MOTOR Plus-online
Ilustrasi motor listrik, simak tanggapan AISMOLI soal insentif Rp 7 juta pembelian motor listrik.

MOTOR Plus-online.com - Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia alias AISMOLI memberi tanggapan soal kebijakan insentif Rp 7 juta dari pemerintah.

Insentif ini diberikan untuk pembelian motor listrik baru dan konversi motor listrik, berlaku mulai 20 Maret 2023.

"Kita belum bisa komentar banyak kebijakan insentif ini karena di asosiasi internal sendiri belum ada diskusi mendalam terkait ini," kata Sekjen AISMOLI Hanggoro Ananta Khrisna dalam keterangan resmi, Senin (6/3/2023).

"Namun yang bisa saya sampaikan terkait konfrensi pers hari ini adalah kita hanya perlu menunggu bagaimana aturan lebih lanjutnya dari pemerintah," sambungnya.

Dari syarat yang diberikan pemerintah dalam memberikan subsidi atau insentif kepada produsen motor listrik, salah satunya minimal harus mencapai TKDN 40%.

"3 pabrikan yang sudah mencapai TKDN 40% kita harus memberikan apresiasi” tambah Hanggoro.

Sementara untuk pabrikan motor listrik yang belum mencapai TKDN 40%, kata Hanggoro, AISMOLI mendorong agar para produsen mencapai hal tersebut.

"Untuk kendaraan yang belum mencapai itu kita tanyakan industrinya, kita kerja sama antara pelaku industri dan pemerintah, kita bisa dorong 40% TKDN (pabrikan) yang lain," sambungnya.

Baca Juga: Harga Motor Listrik Volta Setelah Dapat Bantuan Pemerintah Rp 7 Juta, Ini Daftarnya 

"Sehingga konsumen memiliki pilihan yang banyak untuk mendapatkan kendaraan yang mendapatkan bantuan dari pemerintah," lanjut Hanggoro.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.