Yamaha R25 Dan Honda CBR250RR Tak Seimbang, Di Kejurnas Road Race Sport Mandalika, Ubah Regulasi?

Didit Abdillah - Minggu, 12 Maret 2023 | 15:46 WIB
DAB/MOTOR Plus
Kejurnas Sport 250 Mandalika Racing Series (MRS) pertimbangkan kesetaraan untuk motor Yamaha R25 dan Honda CBR250RR.

MOTOR Plus-Online.com - Kejurnas Sport 250 Mandalika Racing Series (MRS) memang didominasi dua merek dan tipe motor, Yamaha R25 dan Honda CBR250RR. 

Hanya saja pada seri pertama yang digelar pekan lalu di sirkuit Mandalika, NTB (3-5/3/2023) lalu, penunggang Honda CBR250RR memang lebih menonjol. 

Dari tiga besar, dua terdepan selalu pembalap yang bermotor Honda CBR250RR, seperti Rheza Danica dari Astra Honda Racing Team yang mendominasi dua kemenangan. 

Pembalap Yamaha R25 terbaik adalah Galang Hendra Pratama (Yamaha BAF AKAI Jaya) yang dua kalai menapaki podium ketiga, meski dengan susah payah. 

DAB/MOTOR Plus
Galang Hendra Pratama melakukan setup dan strategi yang tepat hingga bungkus dua podium ketiga pada road race Kejurnas Sport 250 (4-5/3/2023)

Galang Hendra pun mengakui adanya perbedaan performa yang signifikan dari Yamaha R25 dan Honda CBR250RR, apalagi di sirkuit selebar dan sepanjang Mandalika. 

Tak pelak muncul wacana-wacana mengenai regulasi agar ada kesetaraan performa dari kedua brand motor tersebut.

Salah satunya pembatasan RPM atau putaran mesin dari Honda CBR250RR yang mencapai 15.000, sedangkan Yamaha R25 hanya sekitar 13.500. 

"Dari awal sudah disetujui kalau regulasi untuk Sport 250 MRS ini kan menggunakan regulasi Kejurnas IRS yang berlaku di 2018, karena keterbatasannya waktu," tutur Eddy Saputra, Komisi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat. 

"Motor yang saat itu sama sekarang masih sama, kalau diprotes baru sekarang, kenapa tidak dari dulu," lanjut Eddy Sapuyra yang juga inisiator Kejurnas Sport MRS. 

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.