Yamaha Pasang Sayap Belakang Radikal, Fabio Quartararo Usul Tidak Dipakai Balapan

Didit Abdillah - Senin, 13 Maret 2023 | 09:45 WIB
IG/MotoGP
Yamaha YZR-M1 yang ditunggangi Fabio Quartararo menggunakan sayap belakang radikal. Jelek tapi berfungsi?

MOTOR Plus-Online.com - Monster Energy Yamaha MotoGP melakukan modifikasi radikal pada bagian aerodinamika Yamaha YZR-M1 pada tes MotoGP Portimao, Portugal (12/3/2023).

Baik itu penambahan sayap di bagian depan dan yang paling mencolok adalah perangkat mirip spoiler mobil, tepat di atas kamera belakang. 

Bentuknya kotak, seperti kanopi dan dinilai tidak begitu estetik dari segi kerapihan motor karena berbeda dengan fungsi aerodinamika stegosaurus. 

Pihak Yamaha Factory Racing berharap aerodinamika yang radikal ini bisa mendongkrak daya cengkeram ban belakang yang menjadi masalah Fabio Quartararo

Dengan meningkatnya daya cengeram ban belakang, maka kecepatan akan bertambah, termasuk saat cornering speed. 

MotoGP
Yamaha YZR-M1 yang ditunggangi Fabio Quartararo menggunakan sayap belakang radikal. Jelek tapi berfungsi?

Hasilnya? Setelah menggunakan perangkat tersebut, Fabio Quartararo menajamkan catatan waktunya menjadi 1;38,302 dan menempati peringkat ketiga. 

Memang hasilnya cukup signifikan, apalagi sejak pagi sampai menjelang tes berakhir, Fabio Quartararo terjebak di peringkat ke-10. 

"Sebuah langkah besar, saya tidak menduga perangkat ini bisa menambah pengaruh yang cukup besar," kata Fabio Quartararo dilansir dari Crash.Net. 

"Hanya saja bentuknya saya harapkan bisa ada perubahan karena saya dan tim mekanik tidak menyukainya, meski bisa memberikan hasil signifikan," timpalnya. 

Source : Crash.net
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.