Jawa Barat Siap Hapus Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Erwan Hartawan - Kamis, 16 Maret 2023 | 14:15 WIB
Kompas.com
Jawa Barat akan hapus buaya balik nama kendaraan

MOTOR Plus-Online.com - Biaya balik nama atau BBN kendaraan bermotor memang menjadi masalah di masyarakat.

Pada pembelin motor bekas masih banyak ditemukan masyarakat yang malas melakukan balik nama hingga membayar pajak.

Pajak kendaraaan memang merupakan salah satu jenis pajak yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi.

Di Provinsi Jawa Barat Potensi BBNKB II (untuk penyerahan kendaraan kedua dan seterusnya) di Jawa Barat per tahun sebesar Rp130 miliar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bapenda Jabar) Dedi Taufik mengatakan, pihaknya tidak khawatir dengan potensi kehilangan tersebut.

Ia bahkan mendukung kebijakan pembebasan BBNKB II.

“Semua sudah dituangkan dalam rencana implementasi 10 kesepakatan rakor. Semua pembahasan, mengenai rencana penghapusan BBNKB II muaranya adalah membantu masyarakat untuk balik nama kendaraan atas nama sendiri yang kemudian dapat percepatan sinkronisasi dan integrasi data, ranmor,” kata Dedi dikutip dari laman resmi Bapenda Jabar

Lebih lanjut Dedi mengatakan meski potensi kehilangan pendapatan BBNKB II yang dihapus, namun peningkatan jumlah wajib akan diprediksi akan meningkat.

Baca Juga: Hore Balik Nama Motor Nol Biaya, Korlantas Polri Akan Kurangi BBNKB dan Hapus Pajak Progresif

"Kuncinya adalah sosialisasi dan mengembangkan inovasi layanan, sehingga masyarakat yang sebelumnya belum melakukan BBNKB II karena kendala biaya, itu tidak akan ada lagi. Artinya tidak ada lagi WP yang menunggak, potensinya dari itu," terangnya.

Source : Bapenda Jabar
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.