Insentif Motor Listrik Rp 7 Juta Mulai Hari Ini, Cek Syarat Penerimanya

Ardhana Adwitiya - Senin, 20 Maret 2023 | 10:10 WIB
Yuka S./MOTOR Plus-online
Ilustrasi insentif motor listrik Rp 7 juta untuk merek Gesits berlaku mulai hari ini.

MOTOR Plus-online.com - Insentif motor listrik Rp 7 juta disalurkan pemerintah mulai hari ini, Senin (20/3/2023).

Pemberian insentif atau bantuan motor listrik ini dijelaskan saat Konferensi Pers Insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), Senin (6/3/2023).

Konferensi pers itu dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus Gumiwang menjelaskan, produsen KBLBB dalam negeri mendaftarkan jenis kendaraan yang akan dimasukkan dalam program ini dengan ketentuan telah memenuhi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) 40%.

Kemudian, lembaga verifikasi akan melakukan verifikasi terhadap Vehicle Identification Number (VIN) yang disesuaikan dengan TKDN.

Selanjutnya, dilakukan pendataan melalui dealership dan berkordinasi dengan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) terkait proses verifikasi.

Setelahnya, bank HIMBARA melakukan pembayaran penggantian kepada produsen.

"Dealership bertugas melakukan pemeriksaan data calon pembeli berupa NIK pada KTP untuk menentukan apakah termasuk masyarakat yang berhak mendapat insentif," kata Agus dikutip dari kemenperin.go.id.

Baca Juga: Cara PLN Ini Bikin Masyarakat Mudah Dapat Insentif Motor Listrik

"Apabila termasuk berhak, pembeli akan langsung mendapatkan insentif potongan harga," sambungnya.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.