Sirkuit MotoGP Mandalika Akan Diubah Demi Gelar Balapan Mobil Internasional

Indra Fikri - Senin, 20 Maret 2023 | 16:00 WIB
Dok ITDC
Sirkuit MotoGP Mandalika bakal diubah demi gelar balapan mobil internasional

MOTOR Plus-online.com - Sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok, NTB, akan diubah demi menggelar balapan mobil internasional.

Sirkuit Mandalika akan mengalami beberapa perubahan sebagai syarat untuk menggelar balap mobil.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria pada Sabtu, (18/3/2023).

Priandhi mengungkapkan, perubahan tersebut merupakan syarat homologasi grade 2 untuk penyelenggaraan balap mobil yang dipatok Federasi Mobil Internasional atau FIA.

Pria yang akrab disapa Andhi itu mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk memenuhi permintaan FIA.

"Kita akan implementasikan hasil FIA Inspection tahun 2022 lalu bersama PP IMI & MGPA dalam rangka mendapatkan FIA Homologasi Grade 2, sehingga Mandalika dapat melangsungkan balap kendaraan roda empat," ucap Andhi.

Dirinya menegaskan, homologasi grade 2 merupakan syarat lisensi untuk mengadakan acara olahraga roda empat.

Proses itu melibatkan mobil grup D (Formula Internasional FIA) dan E (Formula bebas) dengan rasio berat/daya antara 1 dan 2 kg/hp.

Baca Juga: Segini Biaya Balapan Kejurnas Sport Di Mandalika Racing Series. Setara Balap Asia?

"Ini mencakup sebagian besar kategori mobil sport, mobil GT, mobil touring dan single seater, sementara untuk grade 1 hanya untuk F1," sambungnya.

Andhi menambahkan, untuk mendapatkan lisensi tersebut FIA mempunyai beberapa permintaan untuk perubahan sirkuit Mandalika di antaranya sebagai berikut.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.