Enea Bastianini Tumbal Pertama Format Balap Baru Sprint Race MotoGP 2023, Absen Balapan Minggu

Joni Lono Mulia - Minggu, 26 Maret 2023 | 07:05 WIB
Facebook/Ducati Corse
Enea Bastianini (pakai penyangga tangan) bersama skuat Ducati pabrikan jadi korban atau tumbal pertama format balap baru Sprint Race MotoGP 2023

MOTOR Plus-online.com - Format baru Sprint Race MotoGP 2023 baru dikenalkan di MotoGP Portugal 2023, pembalap Ducati Lenovo Team Enea Bastianini jadi tumbal pertama.

Format balap Sprint Race di MotoGP sempat menuai pro dan kontra saat dikenalkan pertengahan 2022 silam.

Selain jadwal berlangsung di hari Sabtu diadakan setiap ronde sama dengan balapan Utama atau Main Race di hari Minggu.

Sebenarnya sih format balap Sprint Race tidak menuai kontra jika dilakukan bertahap dengan pendekatan bertahap dan dilakukan evaluasi.

"Format balap baru Sprint Race terlalu cepat dan dipaksakan berlangsung setiap ronde di MotoGP 2023 yang kalendernya banyak dan padat."

"Sebaiknya diadakan beberapa ronde saja dulu kemudian dievaluasi baik dan tidaknya," beber Lin Jarvis saat konferensi pers launching skuat Monster Energy Yamaha MotoGP di Jakarta, Januari lalu.

Selain jadwal yang padat digelar hari Sabtu, sontak mengubah kebiasaan sebelumnya di mana skuat dan pembalap bisa mengoleksi info dan setting di latihan Jumat dan Sabtu.

"Format balap baru Sprint Race mengubah jadwal yang krusial bagi pembalap mendapatkan data untuk setting motor tiap rondenya."

"Lebih krusial adalah risiko pembalap makin tinggi karena tambahan format balap baru Sprint Race, risiko insiden lebih tinggi lagi," imbuh Lin Jarvis.

Baca Juga: Ditabrak Adik Valentino Rossi, Enea Bastianini Absen Di Main Race MotoGP Portugal 2023

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.