Pertamina Pastikan Stok Bensin Aman Selama Mudik Lebaran 2023

Erwan Hartawan - Jumat, 31 Maret 2023 | 15:10 WIB
Tribun Sumsel/Azanada Adi Duta
Foto ilustrasi SPBU.stok bensin selama lebaran dipastikan aman

MOTOR Plus-Online.om - Pertamina Patra Niaga telah memastikan stok kebutuhan bensin selama Ramadhan dan lebaran tahun ini.

Hal ini dilakukan agar nantinya pemudik tak perlu khawatir stok bensin di SPBU jalr mudik akan terganggu.

Apalagi diketahui, Pemerintah telah menetapkan cuti bersama lebih cepat dari 19 hingga 26 April 2023.

Pada masa cuti tersebut diperkirakan akan ikut meningkatkan pergerakan masyarakat sekitar 123 juta orang di tahun 2023.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading, Alfian Nasution mengatakan bentuk persiapan yang dilakukan yakni dengan kembali mengaktifkan Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 1444H mulai pada 1 April hingga 2 Mei 2023.

"Satgas ini tidak hanya internal Pertamina Group, namun juga menggandeng berbagai Stakeholder utama yakni Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, BPH Migas, Kepolisian, TNI, Jasa Marga, dan Telkom Indonesia agar kebutuhan energi baik BBM, LPG, Avtur terpenuhi dengan baik," ujar Alfian dalam keterangan resminya.

Selain mengaktifkan Satgas, Pertamina juga meningkatkan ketahanan stok sejak H- 14 Idul Fitri dimana menyiagakan sarana dan fasilitas utama yang meliputi 114 Terminal BBM, 23 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 Agen LPG, dan 68 DPPU.

Alfian menambahkan, untuk stok maupun penyaluran di berbagai sarana dan fasilitas ini akan dimonitor di Integrated Enterprise Data & Center Command Center (IEDCC) yang siaga selama 24 jam, termasuk ada koneksi CCTV ke 617 SPBU di jalur utama.

Baca Juga: Ikut Festival Ganti Oli, Motor Matic Mau Touring Mudik Lebaran 2023 Disarankan Pakai Oli Pertamina Enduro Ini

Selain layanan utama, terdapat layanan siaga serta layanan tambahan juga disiapkan, antara lain 1.505 SPBU Siaga, 5.471 Agen LPG Siaga, 43 Kiosk Pertamina Siaga, 391 Motoris Pertamina Delivery Service (PDS), 201 Mobil Tanki Standby, penambahan tanki di SPBU khususnya di kepulauan kecil, dan 13 Rumah Pertamina Siaga.

Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.