Efek Disimpan dalam Jangka Panjang, Apakah Busi Motor Bisa Basi?

Uje,Didit Abdillah - Kamis, 13 April 2023 | 16:40 WIB
DAB/MOTOR Plus
Busi yang disimpan dalam jangka waktu tertentu apakah bisa basi? Atau muncul gejala karatan yang berpengaruh pada motor?

MOTOR Plus-Online.com - Sebagai salah satu spare parts yang penting dalam hal pengapian, busi memang kerap disimpan dalam waktu panjang. 

Biasa lama berada di toko, disimpan untuk stok karena menggunakan motor yang businya langka. 

Maka tak jarang muncul banyak isu mengenai busi basi yang bisa mempengaruhi pada performa motor. 

Sebenarnya busi itu kalau disimpan dalam waktu panjang bisa basi juga kah?

"Busi yang lama disimpan tentu tetap aman ketika digunakan," buka Diko Octaviano, Technical Support Product Specialist PT NGK Busi Indonesia

"Karena sebetulnya tidak ada masa kadaluarsa pada busi. Selama kondisi fisik busi masih bagus, tentu akan aman digunakan meskipun usia produksinya sudah lama," terangnya dikutip dari GridOto. 

Masih menurut penuturan Diko, ada beberapa ciri busi yang masih layak atau tidak dipakai di motor.

"Paling mudah itu kita pasang busi ke motor lalu lihat apakah ada gejala aneh saat terpasang atau tidak," tambah Diko lagi.

"Dicek apakah idle atau langsam motor normal, lalu apakah motor tarikannya brebet atau berat? Jika motor menunjukkan gejala aneh baru itu tandanya busi sudah tidak layak dipakai," wantinya.

Baca Juga: Mudik Lebaran Kena Macet Parah, Menhub Budi Karya Sumadi Sarankan Mulai Hari Ini

Source : GridOto Tips
Penulis : Uje
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.