AKBP Achiruddin Hasibuan Siap-siap Miskin, Polda Sumut Buru Uang Ratusan Juta Rupiah Hasil Beking Gudang Solar

Ahmad Ridho - Kamis, 4 Mei 2023 | 14:16 WIB
Tribun Medan/Instagram
AKBP Achiruddin Hasibuan diduga terima uang ratusan juta rupiah dari hasil beking gudang solar.

MOTOR Plus-online.com - Gara-gara kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya, AKBP Achiruddin siap-siap miskin.

Pasalnya uang ratusan juta rupiah yang diduga hasil beking gudang oli ilegal akan disita Polda Sumatera Utara (Sumut).

AKBP Achiruddin Hasibuan eks Kabag Bin Ops Ditnarkoba Polda Sumut diduga mendapat tarif beking sampai ratusan juta sebagai pengawas gudang solar ilegal milik PT Almira Nusa Raya.

Angka di atas baru taksiran. Diketahui, Achiruddin menerima tarif beking per bulan Rp 7,5 juta dan sudah berlangsung sejak 2018 sampai 2023.

Jika diasumsikan Achiruddin menerima setoran selama dua tahun saja dikalikan Rp 7,5 juta, makan totalnya tembus Rp 360 juta.

Namun, Polda Sumut belum merinci berapa total setoran yang didapat oleh Achiruddin.

Gudang solar milik PT Almira Nusa Raya tak jauh dari rumah Achiruddin di Jalan Guru Sinumba, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut Kombes Teddy JS Marbun hanya memastikan Achiruddin menerima gratifikasi sebesar Rp 7,5 juta per bulannya.

Baca Juga: Dosa AKBP Achiruddin Hasibuan Kembali Terbongkar, Pemotor Pernah Ditodong Pistol dan Minta Uang Rp 5 Juta

"Mudah-mudahan dengan dugaan di awal bahwa saudara AH ada menerima gratifikasi uang sebesar Rp 7,5 juta dengan bervariasi ini kita akan kroscek dengan yang memberi," kata Teddy JS Marbun pada Selasa (2/5/2023) malam.

Atas pengakuan AKBP Achiruddin yang menerima uang setoran inilah menjadi pintu masuk penyidik Polda Sumut untuk mengenakan kepadanya tindak pidana pencucian uang.

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.