Fakta MotoGP Italia 2023, Murid Valentino Rossi Yang Tidak Pernah Menang Di Mugello

Didit Abdillah - Senin, 29 Mei 2023 | 14:15 WIB
Ducati Media House
Banyak pembalap Italia di MotoGP, tapi jarang yang bisa memenangkan MotoGP Italia di Mugello, termasuk murid Valentino Rossi.

MOTOR Plus-Online.com - Setelah libur tiga pekan, MotoGP 2023 kembali menggelara ronde 6 yaitu MotoGP Italia 2023 di sirkuit Mugello (10-11/6/2023). 

Jika balapan di Italia, jelas akan kental nuansa dan peluang para pembalap Italia untuk bisa meraih kemenangan di negara asalnya. 

Faktanya, di era MotoGP 4-tak, justru baru empat nama Italia yang meraih kemenangan di Mugello. 

Valentino Rossi jelas paling banyak, tujuh tahun beruntun ia tidak pernah absen dari podium tertinggi sirkuit Mugello pada 2002-2008.

Tiga lainnya masing-masing satu kemenangan Andrea Dovizioso (2017), Danilo Petrucci (2019) dan Francesco Bagnaia (2022). 

Para murid Valentino Rossi di VR46 Academy yang meraih kemenangan baru Francesco Bagnaia, itu pun dia di kelas premier MotoGP. 

Ducati Media House
Francesco Bagnaia adalah pembalap Italia terakhir yang memenangkan MotoGP Italia di Mugello pada tahun lalu.

Pembalap VR46 Academy lainnya seperti Luca Marini, Marco Bezzecchi, Franco Morbidelli dan Celestino Vietti sama-sama tidak pernah gasak kemenangan di Mugello. 

Termasuk saat mereka masih di Moto3 dan Moto2, ada anekdot kalau mentornya sangat sukses di Mugello, para muridnya justru kesulitan di Mugello. 

Namun berkaca pada trek rekor kemenangan dan dominasi Ducati di Italia pada tiga tahun terakhir, bukan tidak mungkin Francesco Bagnaia bisa mempertahankan kemenangan. 

Source : MotoGP.com
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.