Modifikasi Motor Di Area CVT Lubangi Mangkok Kampas Ganda Ternyata Berbahaya, Begini Penjelasannya

Uje - Jumat, 2 Juni 2023 | 08:55 WIB
Isal/GridOto.com
Lubang pada mangkok kampas ganda Spectro V1 ada tujuannya yaitu melepas panas dan jalur pembuangan kotoran sehingga dapat mengurangi gredek

MOTOR Plus - online.com Banyak bikers yang memodifikasi area CVT dengan melubangi mangkok kampas ganda.

Para mekanik sering melubangi mangkok kampas ganda dengan tujuan agar tidak ada kotoran yang terperangkap di dalam mangkok kampas ganda.

Eh, ternyata modifikasi CVT dengan melubangi kampas ganda bisa berbahaya buat bikers.

Menurut Ari Kuncahyo selaku Kepala Mekanik TDR Technology Center, melubangi mangkok kampas ganda motor matic juga bisa memunculkan efek negatif.

"Jika dilubanginya tidak benar, hasilnya mangkok kampas ganda bisa goyang," ujarnya.

"Makanya untuk beberapa kampas ganda aftermarket diberi tambahan balancer, supaya bobotnya rata dan seimbang ketika berputar," lanjutnya.

"Melubangi kampas ganda pakai bor memang bisa bikin bobotnya berkurang juga, tapi putarannya jadi tidak seimbang jika tanpa perhitungan," terangnya lagi.

Senada dengan Ari, Richi Tedy owner bengkel Motor Rumahnya Bikers juga mewanti-wanti agar tidak sembarangan melakukan modifikasi mangkok kampas ganda.

Baca Juga: Pemotor Ingat, Libur Panjang Ada Ganjil Genap Di Kawasan Wisata Puncak Bogor

 Baca Juga: Bisa Bayar Pajak Kendaraan Tanpa KTP Asli Caranya Diterangkan Polisi

Penulis : Uje
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.