Wow Motor Listrik Garapan Siswa SMKN 1 Cempaga, Ngecas Baterai Bisa Cuma 2 Jam Ini Fakta Lainnya

Galih Setiadi - Selasa, 6 Juni 2023 | 09:10 WIB
Facebook.com/TribunKalteng
Motor listrik konversi garapan siswa SMKN 1 Cempega, ada dua model.

MOTOR Plus-online.com - Mantul alias mantap betul motor listrik yang digarap siswa SMKN 1 Cempaga ini, konversi dari motor bensin jadi pakai baterai ngecasnya singkat.

Saga Electric Vehicle, sebuah motor listrik hasil konversi dari motor berbahan bakar minyak dan diluncurkan pada Sabtu (3/6/2023).

Bukan cuma sekedar peluncuran, rupanya sekolah tersebut menjadi yang pertama meluncurkan motor listrik di wilayah Kalimantan Tengah.

Hal tersebut disampaikan salah satu siswa kelas XI TKR 2, Krisna Januarta.

"Sebagai siswa SMKN 1 Cempaya, saya sangat bangga, karena kami berhasil mengkonversi motor biasa menjadi motor Listrik. Semoga ini bisa dikembangkan lagi ke depannya dan tidak berhenti sampai disini," ungkapnya dikutip dari TribunKalteng.com.

Awal mula program konversi motor BBM menjadi Motor Listrik ini merupakan langkah SMKN 1 Cempaga, untuk mendukung program pemerintah pusat dalam mengurangi emisi karbon.

Tidak hanya itu, motor tanpa bensin dinilai memiliki beberapa keunggulan dibanding motor BBM, seperti irit, ramah lingkungan, tidak menyebabka polusi udara maupun suara.

"Banyak keunggulannya dibanding motor biasa. Maka dari itu kami berharap dukungan pemerintah daerah terhadap karya-karya inovatif siswa, sehingga taraf pendidikan di Kalteng, khususnya Kotim, bisa lebih berkembang ke depannya," kata Kepala Prodi Tekni Otomotif SMKN 1 Cempaga, Febri Anggoro.

Baca Juga: Kalah Sama Vrindavan, Indonesia Belum Siap Untuk Fast Charging Motor Listrik Masal

Febri menggambarkan proses konversi kendaraan bermotor yang secara bertahap dipelajari sejak 2022 lalu dan baru dirilis tahun 2023 ini.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular