Modifikasi Motor Yamaha R25 Di Balap ARRC Indonesia 2023 Modal Kalahkan CBR250RR

Didit Abdillah - Selasa, 8 Agustus 2023 | 17:30 WIB
TWMR
Yamaha R25 mendapatkan konsesi untuk bisa memodifikasi mesin dengan mengganti kem di ARRC Mandalika.

MOTOR Plus-Online.com - Ada peraturan yang berbeda pada sisi regulasi teknis menjelang ARRC Indonesia 2023 di Mandalika (11-13/8/2023). 

Regulasi teknis ini menguntungkan Yamaha R25 yang diperbolehkan melakukan modifikasi pada bagian mesin, yang mana hal tersebut cukup baru di kelas Asia Production 250 (AP250).

Hal ini karena kelas AP250 identik dengan mesin standar, sehingga para tim hanya mengacu pada pengaturan ECU dan rasio gir saja untuk meningkatkan performa. 

Hingga ada pengumuman yang memperbolehkan tim-tim yang menggunakan Yamaha R25 memodifikasi mesin untuk mengganti kem dengan ukuran yang lebih besar. 

Kem boleh diganti dengan ukuran maksimal 8.4 mm, sehingga lebih besar dari ukuran standar bawaan Yamaha R25

Regulasi ini dibuat karena Yamaha R25 adalah mesin yang cukup tua dibandingkan dua rivalnya, Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250. 

"Jadi disesuaikan dengan kebutuhan karena Yamaha R25 ini kan motor yang paling tua dibandingkan lawan-lawannya," papar Eddy Saputra, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat. 

Yamaha R25 sudah digunakan di AP250 sejak tahun 2015 karena motor yang diluncurkan tahun 2014 dan sampai saat ini tidak ada upgrade mesin. 

Ukuran kem yang lebih besar adalah modifikasi satu-satunya yang diizinkan karena penggunaan throttle body wajib standar yang berukuran 32 mm. 

TWMR
Surat dari TWMR untuk konsesi Yamaha R25

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular