Moge Yamaha MT-07 Dibikin di Karawang, Kok Tidak Dijual di Indonesia? Ini Jawabannya

Didit Abdillah - Jumat, 6 Oktober 2023 | 12:20 WIB
DAB/MOTOR Plus
Yamaha MT-07 resmi diproduksi di Indonesia, tetapi tidak dijual di Indonesia, hanya untuk pasar Eropa.

MOTOR Plus-Online.com - Kesempatan besar dijalani PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang mendapatkan kepercayaan menjadi pabrikn Yamaha memproduksi moge Yamaha MT-07

Ini adalah motor besar pertama yang benar-benar dibuat dari nol dan akan dijual secara global ke seluruh dunia. 

Meski Yamaha MT-07 ini 'lahir' di Karawang, ternyata tidak dijual untuk pasar Indonesia. 

Sehingga YIMM hanya melakukan produksi dan ekspor, khususnya Eropa yang menjadi pasar utama Yamaha MT-07

"Kalau dibilang bangga, tentu bangga karena YIMM juga sudah dipercaya oleh Yamaha Motor Company untuk membuat big bike, karena SDM kami juga mampu dan unggul," tutur Dyonisius Beti, Presiden Direktur YIMM. 

"Namun untuk menjualnya tidak mudah, karena untuk di pasar Indonesia, motor besar ini butuh homologasi yang lebih tinggi," lanjutnya. 

"Meski dibuat di Indonesia, untuk bisa dijual di Indonesia tetap dihitung sebagai barang impor, jadi pajaknya akan cukup besar, sampai kita akan menemukan solusi supaya MT-07 ini bisa dijual di Indonesia," Dyonisius Beti menjelaskan. 

Negara-negara yang menjadi pasar Yamaha MT-07 saat ini adalah Swiss, Perancis, Italia, Spanyol, Jerman, juga sampai ke Brazil. 

Walaupun belum dijual di Indonesia, Yamaha MT-07 menjadi portofolio yang bagus bagi YIMM karena terbukti sudah bisa memproduksi motor besar. 

Baca Juga: MOTOR Plus Award 2023 Nilai Harga Motor Sesuai dengan Fitur, Biar Untung Saat Beli

Di Asia, motor besar Yamaha memang sebelumnya hanya diproduksi di Jepang dan Thailand, sehingga Indonesia dengan Yamaha MT-07 adalah perjalanan baru. 

Kalau dalam ekspor motor, YIMM juga sudah tidak asing karena produk seperti sudah mengekspor Yamaha R3, Yamaha R15, Yamaha NMAX (125 cc), dan Aerox (125 cc).

Baca Juga: Motor Naked Supersport Murah, Yamaha MT-07 Resmi Berpabrik di Indonesia

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular