Waspada Cuaca Panas Jangan Lupa Cek Oli Motor, Bisa Bikin Dompet Meringis

Ahmad Ridho - Selasa, 10 Oktober 2023 | 09:36 WIB
Dok MOTOR Plus
Cuaca panas terik membuat oli motor harus sering dicek karena rawan menguap, jangan sampai dompet jebol akibat turun mesin.

MOTOR Plus-online.com - Cuaca panas bisa bikin motor mendadak mati, cek oli mesinnya.

Jangan sampai lupa karena bisa bikin dompet jebol akibat harus ke bengkel dan turun mesin.

Tingginya suhu akibat cuaca panas masih terasa di beberapa wilayah, kondisi ini rupanya bisa mempengaruhi performa motor.

Pengaruh tersebut juga cukup fatal, akibat cuaca panas dan suhu ekstrem, masa pakai oli mesin sangat menurun dan waktu gantinya jadi jauh lebih cepat.

Dikutip dari Kompas.com, Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang, menjelaskan, normalnya masa pakai oli mesin adalah sekitar 2.000 kilometer, tetapi angka tersebut bisa turun akibat cuaca panas.

Oli jadi lebih cepat rusak. Memang salah satu penyebabnya itu intensitas pemakaian, tapi cuaca seperti sekarang ini juga ngaruh, soalnya kan panas sekali,” ucapnya dikutip dari Kompas.com di Tangerang, Senin (9/10/2023).

Anto menceritakan pengalamannya dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir, saat suhu di wilayah Tangerang dan sekitarnya memang sedang tinggi.

Dia menjumpai beberapa pengendara motor dengan kasus unik dan serupa.

Beberapa pelanggannya yang merupakan pengemudi ojek online menjumpai kendala serupa, yakni tarikan motor matik ngadat dan tidak nyaman dikendarai.

Baca Juga: Oli Motor Matic Merek Terkenal Turun Harga Ada Shell dan Castrol Simak Daftarnya Mulai Rp 40 Ribuan

Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular