Pernyataan Uji Emisi Gratis Dinyatakan Anggota DPRD DKI Jakarta Karena Anggaran Masih Ada

Didit Abdillah - Kamis, 12 Oktober 2023 | 11:24 WIB
Isal/GridOto.com
Uji emisi gratis di Jakarta bisa dilakukan karena masih ada anggaran tersisa.

MOTOR Plus-Online.com - Uji emisi akan kembali digalakan pada bulan November mendatang. 

Kendaraan yang tak lolos uji emisi akan ditilang, bahkan tidak bisa memperpanjang SIM, sampai sulit untuk masuk kawasan DKI Jakarta. 

Hal ini dikarenakan polusi udara di DKI Jakarta sudah pada tahap mengkhawatirkan untuk bisa hidup sehat. 

Tak pelak uji emisi ini akan segera dilalukan dan Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono bisa menggratiskan semua pengguna motor dan mobil yang ber-KTP DKI Jakarta. 

"Ya iya dong (gratis), itu kewajiban kita (pemerintah) loh. Berapa duit sih itu yang namanya uji emisi itu? Anggaran kita masih cukup untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta,” ujar Gembong dilansir dari Warta Kota. 

“Jangan takut kalau untuk kayak gitu. Ini untuk anak-cucu kita. Untuk lingkungan itu kita wariskan kepada anak dan cucu,” lanjutnya.

Selain uji emisi digratiskan, kata dia, pemerintah daerah perlu memperbanyak gerai atau lokasi pelaksanaan uji emisi tersebut.

Pemerintah daerah tidak bisa bergerak sendirian, tapi harus bisa melibatkan pihak swasta, terutama pelaku industri otomotif.

“Ketika gerai-gerai uji emisi sudah banyak di semua wilayah saya yakin akan tertarik. Jadi mereka membangun kesadaran lebih baik dibandingkan dengan menghukum orang (sanksi tilang),” jelasnya.

Baca Juga: Terhindar dari Denda Rp 250 Ribu Kalau Pemotor Tahu Caranya Lulus Uji Emisi Ketahui Triknya

Source : Warta Kota
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular