Bukan Cuma Oli Mesin Motor Matic yang Diganti Namun Pelumas Gardan Juga Wajib Tiap Segini Kilometer

Aong - Jumat, 20 Oktober 2023 | 09:31 WIB
Isal/GridOto.com
Pelumas gardan Honda BeAT harus diganti setiap 2 kali ganti oli mesin

MOTOR Plus-online.com - Pemilik skutik harus melakukan penggantia dua macam oli dalam hitungan kilometer.

Bukan cuma oli mesin motor matic yang diganti namun pelumas gardan juga wajib tiap segini kilometer agar awet.

Sebagai patokan, penggantian oli gardan berhubungan dengan kapan ganti oli mesin.  

Supaya gampang mengingatnya, penggantian oli gardan bisa dilakukan setelah 2 kali penggantian oli mesin.

Khusus skutik Honda, mekanik bengkel resmi atau AHASS sarankan ganti oli mesin setiap 8.000 km atau saat motor sudah dipakai 8 bulan.

"Oli gardan itu berfungsi untuk melumasi gigi atau gir rasio dan juga bearing (laher) di dalam girboks," ucap Wahyu Endro Utomo, Kepala Bengkel AHASS Margo Mulyo Megah Pasar Minggu kepada GridOto.

"Kalau enggak ada pelumasan, tingkat keausan part di dalam girboks motor matic bisa jadi tinggi," jelasnya saat ditemui di Jalan Raya Ragunan No.10, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Beberapa part yang bisa mengalami keausan jika tidak menjaga kondisi oli gardan diantaranya gigi rasio dan juga bearing.

Jika sudah tarjadi keausan akibat malas mengganti oli gardan bisa muncul suara kasar di area gardan dan bisa mengganggu performa motor ketika digunakan.

Baca Juga: Oli Samping Yamalube Untuk Kapal Bisa Dipakai di Motor 2-Tak Tapi Bikin Asap Ngebul Parah, Ternyata Ini Alasannya

Penulis : Aong
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.