Bahaya Pohon dan Baliho Kampanye Tumbang, Pemotor Lebih Baik Tunda Perjalanan di Hujan Deras

Didit Abdillah - Sabtu, 20 Januari 2024 | 10:45 WIB
Dok Kompas.com
Ilustrasi pemotor menerjang hujan deras atau badai yang berisiko tinggi.

MOTOR Plus-online.com - Curah hujan di Jabodetabek cukup tinggi pada (19/1/2024) kala hujan berlangsung sampai berjam-jam lamanya. 

Bahkan tak sedikit disertai hujan deras, angin dan cenderung badai

Ini membuat banyak pohon tumbang, juga banyak baliho partai sebagai alat peraga kampanye (APK) yang bertumbangan. 

Sampai menimbulkan kecelakaan bagi pemotor dan pengendara mobil. 

Bagi pemotor saat tahu cuaca badai dan diterpa angin kencang, tidak ada pilihan lain selain menepi dan mengindar sampai cuaca lebih kondusif. 

"Kalau sudah badai, pasti jarak pandang menjadi terbatas, kita juga enggak tahu angin dari arah mana karena bisa membuat badan jadi tidak stabil," tutur Joel Mastana, Ahli Safety Riding Internasional. 

"Lebih baik menepi dan istirahat di tempat yang aman sebagai tindakan pencegahan daripada melanjutkan perjalanan," lanjutnya. 

Apalagi saat ini teknologi sudah canggih karena ponsel pintar atau smartphone sudah bisa memberi tahu kondisi cuaca secara aktual. 

Jika memang akan ada badai, sebaiknya tunda perjalanan untuk menghindari faktor eksternal yang bisa menyebabkan kecelakaan. 

Baca Juga: Bikin Celaka Pemotor, Baliho Kampanye Pemilu 2024 Melanggar Aturan Akan Ditertibkan

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular