Advertorial

Impor Spare Part Otomotif Mulai Diminati Konsumen Indonesia, Ini Alasannya

ADV PI - Kamis, 7 Maret 2024 | 18:12 WIB
Toncil
Stok spare part

Motorplus-Online.com - Impor spare part otomotif dari luar negeri kini jamak dilakukan oleh pemilik kendaraan di Indonesia.

Hal ini umumnya disebabkan karena spare part yang dibutuhkan tidak tersedia di Tanah Air, terutama untuk merek dan model kendaraan tertentu.

Selain itu, ada juga faktor lain yang membuat pemilik kendaraan lebih mengandalkan produk impor. Misalnya, harga yang lebih murah.

Harga spare part dari luar negeri, terutama di negara-negara seperti Tiongkok, Jepang, dan Taiwan umumnya memiliki harga jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Hal ini karena biaya produksi di negara-negara tersebut lebih rendah dan terdapat banyak pilihan merek dan kualitas.

Sebagai contoh, kampas rem mobil impor di Indonesia dijual dengan harga Rp 500.000, sedangkan di Jepang harganya hanya Rp 300.000.

Baca Juga: Kenali Spare Part Mobil Bekas Mitsubishi Yang Asli dan Palsu

Selanjutnya, di luar negeri, terdapat banyak pilihan spare part yang tidak tersedia di Indonesia. Khususnya, untuk mobil dan motor tua, spare part dengan spesifikasi khusus, dan spare part Original Equipment Manufacturer (OEM).

Di luar negeri, terdapat banyak merek dan jenis spare part yang tidak tersedia di Indonesia. Standar kualitas yang ditawarkan juga cenderung lebih dibandingkan dengan spare part yang ada di pasaran.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen sebelum membeli produk spare spart impor. Berikut rincinannya.

Penulis : ADV PI
Editor : Sheila Respati

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA