Kata Ahli Pertamax Green dengan Bioetanol Pengganti Bensin Pertalite, Rendah Emisi Tapi Lebih Boros

Ardhana Adwitiya - Kamis, 11 Juli 2024 | 17:00 WIB
KOMPAS.COM/TIGABA ARTHA ULY
Pertamax Green 95 dengan bioetanol dijual di SPBU Pertamina.

MOTOR Plus-online.com - Tak hanya pembatasan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, pemerintah akan mengganti bensin dengan bioetanol.

Bioetanol seperti pada Pertamax Green akan jadi pengganti bensin Pertalite di masa depan, ahli bilang lebih rendah emisi tapi boros.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mendorong pengembangan bioetanol sebagai bahan bakar pengganti BBM yang berbasis fosil.

Hal itu dikatakan Luhut saat membahas defisit APBN 2024 yang diperkirakan bakal lebih besar dari target yang telah ditetapkan.

Adapun bioetanol merupakan jenis bahan bakar yang dihasilkan dari proses ferementasi bahan-bahan organik, terutama tumbuhan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

"Kita kan sekarang berencana mau mendorong segera bioetanol masuk menggantikan bensin, supaya polusi udara ini juga bisa dikurangi cepat," kata Luhut.

Dia bilang kandungan sulfur dari bensin bisa mencapai 500 ppm, sementara bioetanol jauh lebih rendah kandungan sulfurnya bisa hanya mencapai 50 ppm.

Baca Juga: Serius Harga Pertalite Naik Beli BBM Subsidi Dibatasi Mulai 17 Agustus 2024?

Kondisi sulfur yang tinggi tentu akan mempengaruhi kualitas udara dan berdampak pada kesehatan manusia.

Maka dengan pengembangan bioetanol diyakini bisa menekan jumlah penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular