Find Us On Social Media :

Ganti Bensin RON Lebih Tinggi, Harus Ganti Busi Juga Gak? Nih Penjelasannya

By Didit Abdillah, Selasa, 27 Desember 2022 | 14:58 WIB
Jika mengganti bensin dengan RON yang lebih tinggi, maka dianjurkan juga mengganti busi, apalagi jika jauh lebih besar dan dipakai dalam jangka panjang. (DAB/MOTOR Plus)

MOTOR Plus-Online.com - Guna busi pada motor adalah memberikan percikan api pada udara dan bensin yang ada di ruang bakar. 

Dari situ tercipta power yang guna membakar dan menggerakan mesin, sehingga perannya memang vital. 

Pilihan busi untuk digunakan sehari-hari juga bergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan. 

Lalu muncul banyak pertanyaan apakah jika menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi juga harus mengganti busi?

Contohnya sebelumnya menggunakan bensin dengan RON 90 seperti Pertalite, lalu menjadi rutin menggunakan Pertamax Turbo (RON 98) atau Revo 95 (RON 95). 

"Kalau cukup perpindahan jumlah oktannya jelas juga dianjurkan untuk mengganti busi, apalagi jika digunakan dalam jangka panjang," tutur Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia. 

"Kalau hanya sesekali saja menggunakan bensin dengan RON yang lebih tinggi ya jelas tidak harus ganti busi," lanjutnya. 

"Karena dengan menggunakan bensin yang lebih bagus kualitasnya, pasti berpengaruh pada kompresi, juga berpengaruh pada performa busi," Diko menjelaskan. 

Jika dari sisi busi NGK, penggunaan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, juga bisa menimbulkan pengapian yang lebih tinggi. 

Baca Juga: Syarat Perpanjang SIM Online Jelang Tahun Baru 2023, E-KTP dan Dokumen Lainnya Jangan Lupa