Angkat Bicara.. Begini Komentar Psikolog Soal Rencana Polda Tambah Tes Psikologi Untuk Pembuatan SIM

Mohammad Nurul Hidayah - Minggu, 24 Juni 2018 | 11:46 WIB
Kompas.com
Ilustrasi pembuatan SIM

MOTOR Plus-online.com - Pengendara di Indonesia sedang dihebohkan dengan rencana tes tambahan untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM).

Polda Metro Jaya berencana menerapkan aturan tes psikologi kepada pemohon pembuatan dan perpanjangan SIM kategori umum.

Psikolog klinis dari Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Bandung, Aulia Iskandarsyah pun menanggapi soal rencana penerapan tes ini untuk pembuatan dan perpanjangan SIM di Polda Metro Jaya.

"Sebetulnya wacana untuk menggunakan tes psikologi di SIM itu menurut saya bagus. Hanya yang harus diperhatikan adalah pelaksanaanya," kata Aulia kepada GridOto.com di Jakarta, Minggu (24/6/2018).

(BACA JUGA: Kecelakaan Saat Latihan Motocross, Andrea Dovizioso Malah Kasih Guyonan)

"Jadi jangan sampai terjadi seperti tes tertulis sebelum-sebelumnya, jadi tes psikologi itu bertujuan untuk memberikan gambaran kematangan individual seseorang. Karena test psikologi itu tidak bisa dikerjakan orang lain, harus dia yang mengerjakan sendiri," ucapnya lagi.

Menurut dia, ada beberapa yang perlu diperhatikan oleh pihak Kepolisian agar tes psikologi saat pembuatan dan perpanjangan SIM ini berjalan dengan baik.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular