Lebih dari 30 Ribu Unit Motor CBU Terjual di 2011

Motorplus - Rabu, 11 Januari 2012 | 13:10 WIB


Penjualan sepeda motor Completely Build Up (CBU) di Indonesia, kian bergairah. Bukan cuma importir umum, agen tunggal pemegang merek (ATPM) pun kian giat memasarkan sepeda yang dimasukan ke tanah air dalam bentuk utuh.

Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan jumlahnya mencapai 31.357 ribu unit di tahun 2011. Data ini diperoleh dari jumlah impor pabrikan Honda, Kawasaki dan Suzuki.

Sepanjang 2011, Honda menjual 16.795 unit sepeda motor CBU dari Thailand. Mengungguli Kawasaki di posisi kedua dengan 14.559 unit. Sedang Suzuki hanya 3 kali memasukan moge Suzuki RM Z450.

Honda mendulang kesuksesan lewat beberapa model andalannya, seperti Honda CBR 250R, CBR 150R dan PCX 125. Dari ketiganya, Honda CBR 250R tercatat paling banyak, yaitu mencapai 8.663 unit.

Kawasaki memiliki lebih banyak lagi model CBU. Mulai dari yang paling laris Ninja 250R, KLX 250L, D-Tracker 250 hingga KSR110 dan dua moge Ninja ZX-6R serta ER-6n.

Penjualan sepeda motor CBU Kawasaki dan Honda agak terhambat di akhir tahun karena terjadi banjir di Thailand. Beberapa komponen dari vendor yang terhambat masuk ke pabrik menjadi salah satu kendala selain masalah distribusi yang juga tersendat.

"Efek banjir Thailand ke supplier Kawasaki masih terasa. Tapi sekarang mulai pulih bertahap," ungkap Reiner Sitorus, Sales Promotion KKD Departmen Head PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sedang ATPM di luar AISI seperti Piaggio Indonesia (PI) juga mendapatkan hasil yang tak kalah menggembirakan. Sejak bulan Juni hingga Desember, sudah mampu menjual lebih dari 3 ribu unit skuter yang didatangkan langsung dari Vietnam.

"Totalnya mencapai 3.162 unit," ungkap Sony Budiwasono, Marketing Manager, PT PI. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular