Untung Rugi Belanja Online, Waspada Sebelum Transaksi

Motorplus - Kamis, 8 Maret 2012 | 08:35 WIB


Pilih gerai online yang jelas asal-usulnya
Belanja online lewat internet memang asyik. Cepat dan praktis, sobat enggak usah repot sampai berkeringat datang ke toko variasi untuk pilih barang yang sedang jadi incaran. Malah dengan cara ini barang yang berada jauh di seberang pulau dengan mudah bisa didapat.

Tapi siapa sangka belanja online sangat rentan dengan modus penipuan, jadi perlu waspada dan berhati-hati sebelum melakukan transaksi.

Kemajuan teknologi memang memudahkan setiap orang bertransaksi tanpa harus perlu tatap muka. Namun pastinya belanja dengan cara online ini memiliki keuntungan dan kerugian yang harus di tanggung, utamanya oleh pembeli.

ÔÇ£Kita enggak boleh nafsu pastikan detail barangnya sebelum dibayar,ÔÇØ jelas Donny Ariyanto builder dari Studio Motor Custom Bike yang kerap berburu part di Internet.


 Jangan nafsu harga murah
Makanya bila sudah tertarik dengan produk variasi yang ditawarkan toko online jagan keburu bernafsu untuk membeli. Mulailah telusuri dengan pengamatan atau riset mengenai alamat situs yang menyediakan toko online, Anda bisa cek alamat, kontak person, YM.

ÔÇ£Biasanya bila toko variasi nakal tidak mencantumkan data seperti di atas,ÔÇØ jelas Ryan Cahyadi dari gerai Abboben Variasi yang juga membuka toko online di internet.

Lantas sebaiknya juga cek harga yang tertera pada website dengan yang ada di toko variasi. Silakan lihat perbandingan harganya, terpaut jauh atau tidak.

ÔÇ£Bila perbandingan harga tidak tepaut jauh, lebih baik cari barang langsung di toko. Karena bila barang ada di luar kota harus mempertimbangkan ongkos kirim,ÔÇØ tambah Mulyana dari Depok yang kerap melakukan belanja secara online.

Jangan terkecoh dengan tawaran harga yang terlalu murah atau cenderung tidak masuk akal. Biasanya sodoran harga murah ini merupakan jebakan untuk mengelabui pembeli. "Bila  penjual meminta transfer tanda jadi terlebih dahulu dengan berbagai alasan juga perlu dicurigai," jelas Donny lagi yang menambahkan kebanyakan modus penipuan pakai cara ini.


Pastikan harga sudah berikut ongkos kirim atau belum
Selain itu umumnya setiap situs toko online yang kompeten biasanya mempunyai kebijakan atau aturan saat bertransaksi. Harus perhatikan dengan teliti mengenai maksud dan isinya.

ÔÇ£Tanyakan juga kalau perlu jika barang cacat sampai diterima itu bagaimana kebijaksanaannya,ÔÇØ lanjut Mulyana yang menambahkan jangan terlalu mudah juga memberikan data pribadi anda, seperti nomer KTP, SIM, Kartu Kredit, ATM, rekening, dan Nomor HP karena bisa disalahgunakan.

Dalam transaksi biasanya setiap toko online akan menawarkan berbagai cara pembayaran. Seperti pakai kartu kredit, Paypal atau transfer langsung via bank. Nah, bila sobat belum berpengalaman transaksi secara online lebih baik menggunakan transfer langsung. Sementara untuk belanja online internasional, lebih amannya ya pakai PayPal. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular