Merawat Kabel, Saatnya Perhatikan Yang Tidak Terlihat

Motorplus - Jumat, 22 Juni 2012 | 14:17 WIB

Kabel Kaku, kekuningan atau gosong, tanda perlu diganti
Liburan sekolah saat tepat melihat yang selama ini gak pernah ditengok. Kalo bisa, sekalian dirapiin, dibersihin, bila perlu diganti. Kayak kabel-kabel, soket, slang dan selongsongnya.

Soal kabel-kabel, Benny Djatiutomo pernah wanti Em-Plus saat bicara soal motor irit dan kencang. Kata bos bengkel Star Racing itu, "Selain komponen bergerak, kabel-kabel kelistrikan penting dirawat. Sebagai penghantar listrik, dia menentukan tenaga yang dihasilkan."

Alasannya simpel dan masuk akal. Begini, motor kan beroperasi jika bahan bakar diolah sempurna oleh mesin. Tapi, mustahil bahan bakar terbakar sempurna jadi tenaga jika pemantiknya jelek.

"Di motor, api busi berawal dari listrik sepul, aki, CDI, koil, terakhir di busi. Nah, jika penghantarnya buruk, listrik yang dihasilkan untuk lontarkan percikan api pun jelek. Pembakaran tak sempurna, tenaga lemes. Akhirnya bensin boros," tegasnya.

Kudu diakui, kita sering cuekin kabel-kabel. Apalagi, ini bukan komponen yang kudu sering diganti. Tapi, justru di sini bahayanya. "Karena usia, kabel kekurangan daya hantar listrik. Minimal, akan terjadi korosi di tiap soket penyambungnya," ulas pria yang juga menukangi tim balap Honda itu, lagi.

Kabel rusak setelah pemakaian tahunan. Biasanya mulai getas. Slongsongnya mengeras, kaku. Jika dibelah, ada kerak putih korosi. Sebabnya, panas listrik dan terpapar panas mesin.

Korosi dibagian soket penyambung menghalangi aliran listrik
Bisa juga dideteksi lewat sambungan kabel. Biasanya, di soket penyambung, terlihat kerak-kerak putih korosi. "Di titik sambungan, hambatan arus listrik yang paling besar muncul," bilang Benny lagi.

Sebenarya, mengatasinya mudah. Tinggal lepas semua soket sambungan, baik itu sambungan pengapian atau kelistrikan. Langkah selanjutnya, membersihkan kerak korosinya.

Bersihin korosi mudahnya pakai cairan pembersih karat. Tinggal semprot. "Lebih baik lagi kalau tiap sambungan dibersihkan dengan sikat kawat, atau ampelas halus. Bersihin sampai terlihat lapisan logamnya," tambah Cheppy, mekanik bengkel AHRS di Depok.

Jika perlu, ganti satu set kabel bodi. Semudah itu merawat barang yang dicuekin, tapi amat penting?! (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular