Wow, Yamaha Siapkan YZ Power Tuner dan ECU Racing Untuk Jupiter Z1

Motorplus - Kamis, 12 Juli 2012 | 16:39 WIB


Pengembangan Yamaha All New Jupiter Z1 bukan sekedar dibuat lebih bertenaga. Tapi juga dibuat agar tetap mudah dioprek agar lebih kencang lagi. Padahal motor ini sudah injeksi loh! Teknologi yang kerap jadi momok buat para mekanik.

Menjadi momok karena tidak bisa lagi dengan mudah menambah suplai bahan bakar dan mengubah timing pengapian. Pada sepeda motor konvensional berkarburator tinggal ganti spuyer atau ganti karbu lebih besar untuk menambah derasnya bensin.

"Tenang, kita sudah siapkan programable ECU dan alat tuning-nya buat yang suka oprek," buka M Abidin, GM Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Namanya alat tuning-nya YZ Power Tuner, alat ini serupa dengan alat tuning special engine Yamaha YZ series.

Secara fungsi bisa digunakan untuk menambah suplai bahan bakar. Totalnya bisa menambah dan mengurangi hingga 7 tingkat. Masing-masing tingkatan, akan memperkaya bahan bakar sebanyak 3 persen dari standar. Artinya, suplai bahan bakar bisa bertambah total mencapai 20 persen.


Selain itu derajat pengapian juga bisa dimaju-mundukan. Bisa maju 4 derajat dan mundur 9 derajat. "Setting motor balap jadi lebih mudah pakai alat ini. Dan yang paling menarik, data settingan bisa disimpan bahkan saling tukar dengan data motor lain," jelas Abidin.

"Misal salah satu pembalap ada yang lebih kencang, bisa saling contek setingannya," bebernya sambil menunjukan kalau YZ Power Tuner memiliki memori internal yang bisa menyimpan 9 mapping. Tapi datanya bisa juga dipindah ke laptop atau PC.

Fitur lain pada YZ Power Tuner yang sudah hand held atau bisa digunakan tanpa perlu bula laptop ini adalah bisa berfungsi sebagai monitor semua sensot injeksi. "Ya, mirip diagnostic tools," jelas pria ramah yang hobi berwirausaha ini.

Sayangnya komponen yang baru akan diluncurkan beberapa bulan kedepan ini baru akan didistribusikan pada tim-tim balap Yamaha. Sedang untuk konsumen yang hendak melakukan upgrade ringan seperti ganti knalpot bisa melakukan setting ulang menggunakan diagnostic tool yang ada di dealer resmi Yamaha.

"Diagnostic tool kita fungsinya hampir sama tapi tidak se-advance YZ Power Tuner," tutupnya. (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.