Cek Kondisi Sil Roda, Rusak Bikin Laher Oblak!

Motorplus - Rabu, 25 Juli 2012 | 15:56 WIB


Ayo lakukan pengecekan sil laher roda depan-belakang. Karena tumpukan debu atau karat mengakibatkan sil roda mudah rusak atau usang. Apalagi kerjaan ini tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Adapun ciri-cirinya jika sil koyak, ketika melintas kubangan bikin air kotor meresap ke laher. Sehingga membuat bola-bola laher terkikis dan cepat oblak. Roda pun bisa oleng kesana-kemari.

Makanya jika motor tidak ingin terjadi seperti itu, lekas ganti sil roda dengan yang baru. Di toko onderdil, 2 sil roda depan kanan-kiri dan 1 sil roda belakang dilego sekitar Rp 25.000. Tapi, jangan lupa bawa sil bekas untuk memastikan kode silnya.

Soal pasangnya gampang. Contoh ganti sil roda depan Honda Karisma. Melepas roda dengan cara mengendurkan mur-baut as roda pakai kunci ring 17. Setelah terlepas, congkel bibir sil lama di teromol pakai obeng min. Kemudian dilanjut dengan proses pembersihan.

Begitu rumah laher dan sil bersih, tempatkan sil roda baru ke dudukannya. Tekan perlahan-lahan sambil didukung alat bantu macam kunci sok yang diameternya sama biar sil baru tak terkoyak. Baru deh pasang kembali roda di tabung sokbreker, sambil diikuti pemasangan baut dan pengencangan mur as roda.

Oh iya, ganti sil roda juga bikin aman loh saat lakukan perjalanan.  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular