Servis Motorsport Seken, Tak Semahal Yang Terlihat

Motorplus - Rabu, 8 Agustus 2012 | 10:32 WIB
motorplus
Servis Motorsport Seken, Tak Semahal Yang Terlihat

motorplus
Servis Motorsport Seken, Tak Semahal Yang Terlihat
Beli motor sport seken masih jadi pilihan menarik. Selain harganya lebih murah, motor bekas biasanya ready stock. Jadi, tidak perlu inden, jika motornya jarang. Lagipula, motor juga sudah siap pakai. Sebab, surat-surat sudah lengkap.

Hanya saja, untuk beli motor bekas, perlu sedikit berhitung servisnya. Jangan sampai, bisa beli motor, nggak punya biaya untuk merawatnya. Itu sih, sama saja salah investasi. Motor yang semula mahal, bisa anjlok harganya karena kurang perawatan.

Nah, ini juga yang membuat beberapa biker sempat berpikir ulang ketika ingin membeli motor sport Kawasaki Ninja 250R. Sebab, jika dilihat sepintas, biaya perawatannya memang lebih tinggi daripada motor sport lainnya.

Seperti dijelaskan oleh Kamdi, kepala mekanik bengkel resmi, diler Kawasaki Kawansaki di Cikupa, Banten. Ia menakar, untuk perawatan motor Ninja 250R, sebulan bisa di kisaran Rp 300.000,-.

Dirincikan, Rp 100.000,- untuk ongkos servis. Sedang Rp 200.000,- sisanya untuk membeli oli mesin yang perlu 1,4 hingga 1,6 liter setiap penggantian.

Kamdi mengakui, ongkos servisnya rutin Kawasaki Ninja 250R terlihat jauh lebih mahal dari motor sekelas seperti Honda Tiger. Em-Plus mengecek, untuk servis rutin, AHASS hanya membandrol jasa servis sekitar 60 ribuan rupiah. Sementara, penggantian 1 liter oli mesin hanya menguras Rp 39.000,-.

"Untuk Ninja 250R lebih mahal, karena memang pengerjaannya lebih sulit dan lebih lama. Perlu bongkar fairing, juga sinkroninasi kedua karburatornya lebih sulit dari karburator tunggal," jelas Kamdi.

motorplus
Servis Motorsport Seken, Tak Semahal Yang Terlihat
Nah, bicara oli yang sangat mahal itu, juga bukan karena Ninja menuntut pelumas mahal. Kamdi menyebut, harga 200-an ribu tadi untuk 2 botol oli mesin Motul 5100 berisi 1 liter. Kadang biker Ninja 250 memilih oli mesin merk Shell AX7 yang seliternya seharga Rp 50.000,-.

"Itu karena pemakai Ninja percaya kalau pakai Motul, mesinnya lebih enak. Atau pakai Shell yang lebih murah sedikit. Tapi, kalau mau pakai oli KGO yang dianjurkan Kawasaki, juga tidak masalah. Harga 1 botol berisi 1 liter, hanya Rp 31.000," jelas Kamdi lagi.

Satu hal lagi yang membuat biker yang tidak fanatik dengan Ninja 250R lebih memilih beli motorsport seken dari Tiger atau Scorpio, sebab harga suku cadang Ninja 250R agak lebih mahal.

Contoh, kampas rem disc Ninja 250R harganya Rp 205.000. Sementara untuk Tiger, kampas rem disc impornya hanya Rp 76.000. Harga segitu mirip dengan kampas rem depan Scorpio.

Satu lagi yang kadang jadi kendala, buat non-maniak Ninja 250R, adalah soal jaringan servis. Karena Honda atau Yamaha lebih banyak, kemudahan perawatan bisa jadi faktor penentu.

Ini diakui oleh Mitsuhiko Okada, Direktur Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), "Jaringan afer-sales Kawasaki memang masih sedikit jika dibanding Honda dan Yamaha. Tetapi, kalau ada servis, untuk Ninja, kami akan jemput bola."

Jadi, intinya, soal niat aja. Mau yang spesial, ya perlu  usaha yang spesial juga. Yang jelas, biaya servis tidak semahal yang terlihat. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular