Yamaha V-Ixion Pakai Ampere Aki Lebih Besar, Bisa!

Motorplus - Senin, 13 Agustus 2012 | 20:00 WIB


Namanya bikers, pasti juga ada yang suka modifikasi. Tak terkecuali pacuan injeksi seperti Yamaha V-ixion. Pemilik sport injeksi 150 cc dari Yamaha ini juga suka pasang variasi klakson tambahan hingga lampu tambahan. Lalu, apakah harus ganti dengan aki yang ampere lebih besar?

ÔÇ£Bisa saja pakai aki lebih besar. Misalnya, pakai aki Yamaha Scorpio atau Honda Tiger,ÔÇØ ujar Uchi dari Uchay Motorsport di Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Lalu, bagaimana dengan sistem injeksi. Apakah ada pengaruhnya dengan aki yang ampere lebih besar?


"Untuk sistem fuel injection, yang terpenting adalah voltase yang stabil. Yaitu, di kisaran 12 volt. Sebab, sensor-sensor terima input dari ECU (Electronic Control Unit; red) butuh daya 5 volt,ÔÇØ ujar Slamet Instruktur Yamaha Engineering School (YES) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Jadi, kalau voltase aki di bawah itu, maka ECU enggak bisa kasih listrik ke sensor hingga 5 volt. Pastinya, kinerja enggak sempurna. Menurut Slamet, penggantian aki bisa saja dilakukan agar suplai listrik dari battery tercukupi. Tetapi, baiknya dibarengi dengan sistem pengisian yang juga besar.

Melalui cara ini, pemasukan dan pengeluaran seimbang. Selain itu, baiknya angka kenaikan ampere juga tak terlalu besar. ÔÇ£Perhitungkan juga beban variasi yang dipakai,ÔÇØ saran pria ramah yang berkantor di Yamaha DDS Cempaka Putih, Jakarta Pusat itu. Githu toh! (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular