Bisnis Para Pembalap Motor, Jalankan Dua Peran dan Sukses

Motorplus - Jumat, 31 Agustus 2012 | 11:34 WIB

Patut diacungi jempol berbisnis dan balapan jalan bareng. Bisnis maju, prestasi pun ikutan naik. Padahal, banyak yang mengganggap bisnis saat masa aktif jadi pembalap bisa mengganggu fokus. Sudah memimpin di depan saat balapan, mendadak teringat kalau tagihan barang lupa dicatat atau cek giro macet. Ada-ada aja tuh. Padahal, enggak selamanya begitu.

Buktinya, rider-rider papan atas nasional yang secara prestasi membanggakan dan juga praktek bisnisnya lancar jaya. Bahkan, produk mereka juga menjadi salah satu pilihan konsumen Indonesia. Pembalapnya diambil dari aliran road race dan motocross. Keduanya ini paling tidak mewakili dan bisa diambil pelajarannya. Ayo lanjutkan dibaca.

Irwan Ardiansyah (kiri) sukses dengan bisnis wearpack, Hendriansyah enjoy dengan racing part-nya.
Irwan Ardiansyah
Dian, panggilan Irwan Ardiansyah pembalap serba bisa. Motocross dan road race bisa dimainkan dengan hasil yang maksimal. Tapi, Dian juga sip mengelola bisnisnya.

Setelah pensiun 100% dari balapan nasional motocross yang memberikannya 7 gelar nasional, Dian mengembangkan bisnis wearpack dengan mereknya ArdianÔÇÖs. Ini dilakukannya setelah dia banting stir dari balapan SE ke road race. Saat ini Dian bergabung di Gandasari Racing Team.

Setelah wearpacknya, ArdianÔÇÖs berkembang jadi memasarkan di aparel, perlengkapan, dan komponen motocross plus adventure. ÔÇ£Beberapa merek internasional sekelas Fox, Monster Energy, dan masih banyak, saya jadi distributor resminya,ÔÇØ tutup Dian yang juga pemilik Irwan Ardiansyah Motocross Academy, di Jl. Parangtritis, Jogja.

Hendriansyah
Tahun lalu juara IndoPrix kelas IP1 membuktikan kalau Hendri, panggilan akrab Hendriansyah, sanggup membuktikan dia masih yang terbaik, meski sempat ÔÇÿmenghilangÔÇÖ sekitar dua tahunan dari kelas bebek nasional.

Jangan lupa prestasinya di IP tahun lalu juga tetap bikin bisnis produknya Hendriansyah Racing Product (HRP) berjalan lancar. Beberapa produk HRP seperti knalpot, komponen kopling, gir set, sampai aparel, disebar ke seluruh outlet HRP yang ada di Indonesia. ÔÇ£Selama saya ÔÇÿhilangÔÇÖ di balapan bebek nasional saya fokus di bisnis. Banyak belajar soal pemasaran,ÔÇØ kata Hendriansyah yang markasnya di kawasan Parangtritis, Jogja.

Jangan lupa Hendri juga mengembangkan sekolah ba-lapnya Hendriansyah Racing School (HRC) di Jogja. HRC tuntunan bagi yang mau balapan dengan teknik benar.

Denny Orlando (kiri) sibuk membesarkan brand ORF, Andre Sondakh Fokus di Motoling Minahasa Selatan 
Deny Orlando
Tinggal Deny Orlando, crosser yang umurnya di atas 35 tahun dan masih aktif. Bahkan, sampai sekarang juara umum Trial Game belum digoyahkan. Begitu juga dengan bisnisnya yang membawa nama Orlando Racing Factory (ORF) sudah muncul sekitar tiga tahun lalu.

ORF sudah mulai merambah dari safety gear untuk motocross dan grasstrack, sampai komponen kompetisi untuk bebek ataupun sport. ORF pun pelan-pelan jadi salah satu merek lokal yang mulai dikenal di kalangan motocross sampai road race.

ORF sendiri lebih duluan dipakai untuk nama sekolah balap yang didirikan Deny, OrlandoÔÇÖs Riding Forum, sekitar lima tahun lalu. ÔÇ£Paling kuat barang-barang untuk adventure. Permintaannya tinggi,ÔÇØ kata Deny yang bermarkas di kawasan Jl. Rajawali, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Andre Sondakh
Saat umurnya belum menginjak 19 tahun, Andre Sondakh sukses menyabet Juara Nasional Motocross Grade B dan Juara Motocross International di Indonesia tahun 2010. Tapi, juara ganda yang diraih dengan kondisi Andre sembari membangun bisnisnya.

ÔÇ£Tahun 2009. Waktu itu saya masih balapan di kelas 85 cc. Pelan-pelan awalnya dari aparel,ÔÇØ beber Andre yang juga Juara Nasional SE 85 2009.

Awalnya bisnis dipusatkan di Manado, Sulawesi Utara. Tapi, karena jauh dari rumah orang tuanya di Motoling, Minahasa Selatan, Andre pindahkan bisnis ke rumahnya. ÔÇ£Sekarang juga main komponen balap. Bersyukur sudah maju. Banyak yang ngambil dari tokoku,ÔÇØ kata Andre yang punya Andre Speed Shop. (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular