Kawasaki ZX-6R 636 Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya!

Motorplus - Jumat, 14 September 2012 | 11:24 WIB


Lewat gelaran Times Square Takeover di New York, Kawasaki Ninja ZX-6R terbaru resmi dirilis. Spesifikasi teknisnya juga sudah gamblang bisa dilihat. Paling menyita perhatian adalah pada kapastas ruang bakarnya yang kembali ke 636 cc, naik setelah 6 tahun belakangan mengusung kapasitas mesin 599 cc.

Kapasitas mesin yang lebih besar ini diperoleh dari langkah piston atau stoke yang diperpanjang. Meningkat dari 42,5 mm jadi 45,1 mm. Sedang diameter pistonnya tetap 67 mm, hasilnya kapasitas ruang bakarnya naik 37 cc. Mesin 4 silinder ini juga dibekali dengan throttle body lebih gambot kini diameternya jadi 38 mm.



Sejauh ini terlihat sekali kalau Kawasaki memang mau meningkatkan torsi moge supersportnya ini. Tenaganya diharapkan langsung galak meski masih di putaran rendah. Mendukung perubahan ini, langkah lainnya juga dilakukan, seperti mendesain ulang camshaft atau noken as yang kini dibuat memiliki durasi lebih lama dan lift yang makin tinggi.  Air filter barunya juga diyakini mampu menambah volume udara yang masuk hingga 12,5 persen.

Motor ini juga dilengkapi dengan fitur kopling baru, memiliki fungsi assist dan slipper. Selain itu ada pula Kawasaki Traction Control (KTRC) dengan 3 pilihan mode sensitifitasnya, untuk penggunaan balap, harian di jalanan dan menghilangkan selip roda belakang sekecil apapun khususnya saat hujan atau melintas di jalanan tidak rata. Fitur KTRC ini bisa diubah lewat tombol panel setang sebelah kiri.


Motor ini juga dilengkapi dengan dua pilihan out put power yang bisa dirasakan oleh pengendaranya, ada full power dan low power. Pada kondisi low power, tenaga mesin hanya tersalurkan 80 persen saja, tidak lebih! Cocok untuk rider pemula atau pengendalian di jalan raya.

Wah, lebih canggih ya! (motorplus-online.com) 

Engine: Four-stroke, liquid-cooled, DOHC, four valves per cylinder, inline-four    
Displacement: 636 cc    
Bore x Stroke: 67.0 x 45.1mm    
Compression Ratio: 12.9:1    
Fuel System: DFI?« with four 38mm Keihin throttle bodies and oval sub-throttles    
Ignition: TCBI with digital advance    
Transmission: 6-Speed    
Final Drive: 520 series X-ring chain    
Rake/Trail: 23.5 degrees / 4.0 in.    
Frame type: Aluminum perimeter    
Front Tire Size: 120/70-ZR17    
Rear Tire Size: 180/55-ZR17    
Wheelbase: 54.9 in.    
Front Suspension / wheel travel: 41mm inverted Showa BP-SFF fork with top-out springs, stepless compression and rebound damping, adjustable spring preload / 4.7 in.    
Rear Suspension / wheel travel: Bottom-link Uni-Trak?« with gas-charged shock, top-out spring and pillow ball upper mount, stepless compression damping, 25-way adjustable rebound damping, fully adjustable spring preload / 5.3 in.    
Front Brakes: Dual 310mm petal rotors with dual radial-mount, Nissin four-piston, monobloc calipers    
Rear Brakes: Single 220mm petal rotor with single-piston caliper    
Fuel Capacity: 4.5 gal.    
Seat Height: 32.7 in.    
Curb Weight: 423.4 lbs.    
Overall Length: 82.1 in.    
Overall Width: 27.8 in.    
Overall Height: 43.9 in.


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.