Subtitusi Gir Depan, Dari Ukuran Besar Hingga Kecil

Motorplus - Rabu, 3 Oktober 2012 | 08:55 WIB


Senang korek motor atau modifikasi mesin kerap membutuhkan gir yang tidak biasa. Misalnya gir depan sangat kecil, butuh ukuran 10 atau sangat besar dari 16 sampai 17 mata.

Gir sangat besar dan kecil itu memang tidak terbiasa. ÔÇ£Karena kebanyakan motor aplikasi gir depan 14 dan 15,ÔÇØ jelas Adi Rukmantara dari Pengembangan Product Indoparts.

Bagi yang mau subtitusi, ada juga motor yang menggunakan gir yang enggak biasa. Seperti Yamaha RX-Z yang aplikasi mata gir depan 16, yang merupakan gir paling besar yang diproduksi di motor standar. Mata gir 13 dipakai Suzuki Satria 120 RU, yang merupakan gir terkecil dimotor pabrikan. Keduanya menggunakan tipe gir 428.


Bagi yang mau mencari gir kecil juga tersedia khusus. ÔÇ£Dari 10, 11 dan 12 mata,ÔÇØ kata Sugeng dari Cineng Motor, Jl. Hos Cokroaminoto No.8C, Kreo, Ciledug, Tangerang.

Selain gir pabrikan, product aftermarket dan lokal juga ada yang menyediakan gir depan berbagai ukuran. ÔÇ£Seperti SSS itÔÇÖs Racing menyediakan sampai ukuran mata gir 17, untuk aftermarket ada dua pilihan, tipe 428 dan 415,ÔÇØ jelas Nancy, owner toko Mulia Motor Sport, di Jl. HOS Cokroaminoto 7H, Kreo Bates, Ciledug, Tangerang.

Khusus untuk yang buatan SSS ada yang ukuran 12 dan 13. Tapi, lubang baut pengiktanya belum dibubut. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular