Terminal Kutub Bohlam, Kaki Sesuai Peruntukan

Motorplus - Rabu, 31 Oktober 2012 | 13:08 WIB


Paling senang melihat pantat. Eit yang ini pantat bohlam, bro. Di pantat bohlam ada tonjolan dari timah atau biasa disebut kaki. Ada juga yang biasa menyebut terminal atau kutub. Apapun istilahnya, minumnya, eh maksudnya sama.

Bohlam memiliki jumlah terminal positif berbeda. Ada yang 1 atau 2 dengan posisi kutub negatif ada di bodi bohlam. Ada juga yang 2 atau 3 namun dengan kutub positif dan negatif 1 tempat di pantat bohlam.

Bohlam di motor harian umumnya menggunakan terminal positif 1 atau 2. Sedangkan kaki 3 lebih banyak digunakan di motor kelas premium. ÔÇ£Kalau ada dua kutub berarti fungsi bohlam untuk 2 cahaya. Sedangkan pada bohlam 1 kutub hanya 1 sinar,ÔÇØ ujar Pak De Sodik, mekanik WMC Racing (Wawan Motor Corporate) di Jl. Warung Buncit Raya (Mangga Besar) No 21A, Pejaten, Jakarta Selatan.


Contoh bohlam headlamp untuk lampu pendek dan jauh. Di bagian bawah bohlam rata-rata ada 2 terminal positif berbentuk benjolan dari timah. Sedangkan untuk kutub negatif pada bohlam jenis ini biasanya terpasang pada rumah fitting lampu. Makanya lampu bisa nyala karena ada arus positif dan negatif.

Beda lagi dengan bohlam 1 kutub positif. Biasanya peranti ini dipakai untuk lampu sein atau lampu kecil di panel spidometer dengan terminal kutub negatif di fitting lampu. Namun seiring perkembangan desain motor dan fitur pada panel, bentuk bohlam dirancang berbeda.

ÔÇ£Sekarang bohlam di panel spidometer atau sein ukurannya bukan cuma lebih kecil, tapi sistem pemasangannya sudah model tancap dan cabut. Sehingga bentuk terminal positif dan negatif ada di bawah bohlam,ÔÇØ imbuh Pak De yang bisa ditelepon di (021) 78831358.

Selain disebutkan di atas, coba perhatikan 3 terminal bohlam H4 yang biasa dipakai di motor-motor besar. Pada bohlam ini terdapat 3 kutub, yaitu positif untuk lampu dekat, jauh dan terminal massa. Makanya model terminal kabel juga ada 3 dan arus massa jadi satu dan tidak terpisah.  (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular