Ducati 1199 Panigale R, Siap Turun Balap

Motorplus - Senin, 19 November 2012 | 15:15 WIB


Ducati menambah satu lagi varian terbaru 1199 Panigale. Yaitu 1199 Panigale R, yang resmi dipertunjukkan pada ajang internasional EICMA Show 2012. Model Panigale R berbasis pada model Panigale S dengan komponen yang lebih ringan, ABS sebagai perangkat standar, mesin yang lebih bertenaga, adjustable poros swing arm, dan full race kit.

Di sektor mesin, Panigale R dilengkapi dengan connecting rod titanium yang memangkas bobotnya hingga 0,6 kg. Berbagai komponen ringan lainnya, seperti rocker arm karbon dan crankshaft flywheel semakin melangsingkan beratnya. Perubahan lain adalah mapping ECU baru yang membuat nafasnya makin panjang.

Mesinnya yang sanggup dipacu hingga rev limit 12.000 rpm, 500 rpm lebih besar dibanding model pendahulu, Panigale S. Komponen race kit Panigale R meliputi beberapa perangkat baru seperti knalpot full system Termignoni dan track-only ECU mapping.

Ducati menuturkan Panigale R berdaya maksimal 192 dk pada 10.750 rpm dan torsi 98,1 ft-lb pada 9.000 rpm. Meskipun berdaya sama dengan Panigale S, race kit Panigale R dipercaya mampu menambah tenaga hingga tiga persen pada putaran mesin tinggi dan tambahan 15 persen pada putaran menengah tengah.


Dalam spesifikasinya, motor berdarah Italia ini juga menyertakan fitur adjustable poros swing arm dimana memungkinkan pengendara untuk memilih setelan dalam mengoptimalkan traksi pada saat keluar tikungan. Contohnya, memilih setelan dasar untuk menaikkan posisi poros setinggi 2 mm, dan sebaliknya juga bisa merendahkan posisi poros setinggi 2 mm atau 4 mm.

Oh ya, masih ada fitur-fitur lain yang disematkan pada superbike dengan bobot 189 kg ini, sebut saja swing arm protector bermaterial serat karbon, clutch cover protector, rear hugger, rear suspension guard, footrest heel guards, ignition switch surround, pelek Marchesini dan top fairing inner panels. Kabarnya Panigale R akan hadir dalam kelir merah khas Ducati dengan sentuhan aksen putih dan hitam.

Dengan berbagai peningkatan komponen dan spek siap balap ini, tidak heran Panigale anyar jadi yang paling mahal jika dibandingkan dengan varian Panigale yang lain. Harganya akan berkisar di angka 29.995 US Dolar atau sekitar Rp 290 jutaan. Wah, sampai Indonesia pasti jadi dua kali lipat harganya! (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular