Monstrac Enduro 200, Belalang Tempur Rally Dakar

Motorplus - Minggu, 25 November 2012 | 13:21 WIB


Tampang Monstrac Enduro milik Nusa Praha ini mirip pacuan Kamen Rider Super One. Itu lho, manusia Cayber Log penjelajah planet di film anak-anak. Untuk menghalau Organisasi Dogma Kingdom yang mau menghancurkan Bumi, dihadang dengan pacuan mirip belalang itu.

Kemiripan dengan pacuan super hero asal Jepang itu terletak di bagian depan karena posisi lampu lebih tinggi. Apalagi kaki-kaki juga termasuk jangkung untuk melalap berbagai macam medan.

Tapi, ternyata modif Monstrac Enduro, ini mengacu motor KTM yang kerap ikut dalam ajang Rally Dakkar. Makanya cover depan nyontek abis KTM 450 versi rally.

Monstrac yang aslinya dari Cina ini diubah jadi gahar layaknya motor yang siap melibas jalanan ekstrim. Untuk itu, Billy Kristian dari Jail Auto Bodywork Custom (JACBC), mulai dari sektor kaki belakang dan pembuatan bodi baru dari fiberglass.


Ubahan kaki sebenarnya tak terlalu ekstrim karena sok depan masih andalkan aslinya. ÔÇ£Hanya swing arm diganti pakai punya Yamaha YZF250. Biar lebih nyaman dan terlihat lebih kokoh,ÔÇØ ungkap Billy yang bengkelnya di Jl. Raya Caman No. 7, Lt.1-2, Jatibening, Bekasi. Makanya bushing arm juga perlu sedikit penyesuaian. Hanya main bubut biar pas.

Mulai dari cover depan sampai bagian belakang, dirakit ulang dari fiberglass. ÔÇ£Agar lebih eye cacthing dan lebih mirip dengan motor Rally Dakkar dan KTM, warna juga harus oranye.ÔÇØ ujar Nusa yang seorang kontraktor itu.


Agar lebih sinergi antara tampilan dan performa, area mesin dicolek sedikit. ÔÇ£Seher udah pakai punya Yamaha Scorpio oversize 100. Biar lebih bertenaga sekalian karbu juga ganti PE 28,ÔÇØ jelas Nusa.

Lebih maksimal karet bundar aplikasi ban tapak lebar. Cenderung bergaya supermoto akhirnya. Tapi, tetap siap melibas jalan jelek. ÔÇ£Kotaro Minami yang jadi jagoan Kamen Rider juga pastinya siap melawan musuhnya pakai motor ini,ÔÇØ kekeh Nusa. Pasti ingat dong superhero yang selalu melakukan tendangan maut di udara ketika lawannya hampir KO. Berubah!

Ogah Nyasar
Lebih yahud motor ini sudah dilengkapi perangkat canggih. Tapi, bukan pakai alat-alat khusus untuk motor, melainkan memanfaatkan gadget. "Saya buatkan dudukan untuk menyimpan iPad di tempat spido," jelas Billy. Terus enggak pakai spidometer dong? iPadnya kan sudah ada software spidometer. He..he..he..

Otomatis iPad ini juga bukan terhubung dengan perangkat spidometer di bagian teromol depan. Tapi terhubung langsung dengan satelit yang bisa mengukur gerak kecepatan motor Belalang Tempur ini. Ditambah iPad ini sudah aplikasi GPS juga. "Lumayan, sangat membantu saya ketika turing. Makanya nggak takut nyasar," pede Nusa.

Tapi kalau diparkiran atau pas turun hujan jangan lupa dilepas iPadnya yaa..he..he..he..  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax BT003 120/55-17
Ban belakang: Battlax BT003 160/60-17
Headlamp : Bajaj Pulsar 220
Koil : Yamaha YZ125
JABC : 0821-3535-3590
 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular