Vespa P200XE Spartan, Impian dari 0 Kilometer

Motorplus - Sabtu, 15 Desember 2012 | 10:10 WIB


Scooteris kelakuannya unik, tekadnya kuat dan yang mengerti jalan hidupnya cuma dirinya sendiri. Seperti Mujamil yang bertekad membuat motor custom saat sedang menjalani ÔÇÿritualÔÇÖ turing ke ujung Indonesia alias 0 kilometer bersama sahabatnya bernama Yasmin, aneh!!!. Tapi itulah bikers, sifat keukeuh menjadi ciri khasnya.

Bermodal Vespa Spartan kebanggaannya, Mujamil yang tenar dipanggil Jamil ini ingin membuat motor dengan nuansa board tracker yang ÔÇÿbekenÔÇÖ di Amrik tahun 1930-an.

ÔÇ£Sengaja saya bikin Vespa dengan model board tracker, karena aliran ini jarang ada, kebanyakan para penggemar Vespa memodif motornya dengan aliran chopper atau model sespan dan trike,ÔÇØ bilang Jamil yang juga anggota Scooter Anak Rawa Belong (SAKRAL).


Bentuk dan ciri Vespa hilang seketika, karena selain mengaplikasi ban berdiameter besar doi juga mengcustom ulang rangka mengandalkan pipa seamless setebal 2 mm. Rangka itu, dipadukan dengan tangki made in Jamil dengan memakai bahan pelat besi yang juga tebalnya 2 mm. Untuk menopang ban diameter besar sokbreker depan comot milik Binter Merzy yang dipotong sebanyak 10 cm.

Makin istimewa, posisi mesin Vespa yang berada di belakang dipindah ke tengah. Hal itu tentu harus membuat transfer penggerak roda belakang dengan memakai gir dan rantai milik Honda Tiger. Asyiknya, perangkat ciet depan dan belakang mengaplikasi model cakram. ÔÇ£Saya bikin rem cakram agar kesannya modern,ÔÇØ beber pria lajang ini.

Terakhir, kesan ÔÇÿcetar membahanaÔÇÖ makin terasa dengan kelir yang dibiarkan tanpa warna dan hanya dipernis agar tidak karatan. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 2,75-21
Ban belakang : Swallow 4,00-21
Knalpot  : Custom
Sok depan: Binter Merzy
Jok : Custom
 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular