Bikers dan Minuman Keras, Awas Kena Hepatitis Alcoholic

Motorplus - Selasa, 1 Januari 2013 | 15:01 WIB


Amunisi... amunisi begitu obrolan yang sering didengar kalau brother kongkow sama komunitas motor. Tamu yang datang keriungan nggak ÔÇÿsahÔÇÖ kalau nggak diberi welcome drink yang namanya amunisi. Upsch, cairan itu bukannya kopi, teh, air jeruk apalagi air mineral, tapi  ÔÇÿair apiÔÇÖ yang bikin teggorokan terbakar.

Sajian amunisi di pesta biker beragam. Kadang disimpan di tong gede, campur-campur,  beragam jenis miras campuran cikohol atau air alkohol  berbagai merek. Supaya pantas dan lebih enak rasanya, dioplos air jeruk, ataupun soft drink.

Rata-rata brothers sangat antusias menyambut welcome drink ini, saling campai  sesama, berbaur, ketawa-ketiwi bareng, suasana hangat dan nyaman. Sambil menikmati  entertaint yang disajikan, minuman ini memang jadi pelengkap  setiap event biker.

Mulailah jam-jam berlalu, gelas demi gelas masuk, wajah-wajah memerah, mata jadi kuyu. Jalan sempoyongan, banyak yang nggak sadar, dipapah ke pojokan, muntah  sampai pingsan.

Dalam beberapa kejadian, insiden kerap terjadi, maklum nggak sadar, jati diri mereka memudar, senggolan dikit atau salah paham timbul perkelahian. Sipnya, jarang yang membawa petaka, hanya sumpah serapah dan tonjokan lemah saja, setelah sadar saling minta maaf, maklum sedang mabuk!

Dari sisi pergaulan atau ritme ÔÇÿwajibÔÇÖ  biker, sajian ini tentu melahirkan intimasi atau kedekatan antar mereka. Tapi sadar atau nggak, bahaya jangka panjang dan pendek mengintai.


Event biker yang biasanya sangat pendek, mengharuskan mereka turing kembali pulang. Dalam suasana masih capek, memaksakan turing pulang bisa mengundang maut. Sudah banyak kejadian, bro tewas kecelakaan saat pulang turing, dalam berbagai sebab, salah satunya juga fisik yang terkuras dan mau nggak mau pengaruh alkohol pasti ada untuk mereka yang minum kelewat banyak.

 Dr. A.Y.G Wibisono M.Kes, dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengaku prihatin fenomena  ini. ÔÇØAlkohol  untuk  jangka pendek mempengaruhi fungsi otak. Daya refleks akan berkurang, yang bersangkutan akan kehilangan daya prediksi, kesadaran akan bahaya, skill bermotor jauh berkurang dan banyak lagi penyebab bahaya lainnya,ÔÇØ katanya.

ÔÇ£Bukan tidak mungkin dalam beberapa kejadian, alkohol dalam kadar tinggi menghambat distribusi oksigen ke syaraf mata hingga bisa menyebabkan kebutaan. Kejadian menenggak minuman keras sampai lantas menjadi  buta sudah sering terjadi,ÔÇØ jelas pak dokter itu lagi.

Menurut pakar kesehatan ini, merek minuman, resmi atau tidak dalam kadar yang berlebihan sangat berbahaya. ÔÇØApalagi minuman oplosan yang fermentasinya tidak terukur.ÔÇØ

Kesehatan jangka panjang juga tidak kalah ngeri. Dari sisi medis, dikenal  dengan hepatitis Laenec atau hepatityis alcoholic.  ÔÇ£Penyakit  ini diakibatkan konsumsi alkohol dalam jangka waktu tertentu. Hati jadi rusak, selain itu  menyebabkan iritasi di lambung,ÔÇØ sebut Wibisono lagi.

Hal lain tak kalah menganggu, penampilan mereka juga terganggu. ÔÇ£Kecenderungan bau badan juga mulut,ÔÇØ jelas pak dokter.

Menurutnya, semua cairan dalam tubuh dikeluarkan melalui air kencing, keringat, nafas. Nah mereka yang secara konstan mengkonsumsi alkohol, keringat juga nafasnya akan berbau tidak sedap,ÔÇØ  pesannya lebih lanjut

Situasi ini  jelas bikin tidak nyaman. Bagaimana Bro?


MOST DANGEROUS LOCAL LIQUER
Ada beberapa minuman lokal paling berbahaya. Cap Tikus dari Manado, Tuak, Arak Bali, Sopi, Ciu. Cap Tikus hasil penyulingan Sagoer, yakni cairan yang disadap dari  pohon enau, mengandung alkohol sekitar 5%. Tuak tentunya minuman khas Indonesia, fermentasi dari berbagai macam buah juga beras dicampur cairan yang diambil dari tanaman nira kelapa atau aren, legen dari pohon siwalan.

Kadar alkoholnya 37-50%. Arak Bali minuman ini  terbilang populer di kalangan wisatawan di Bali. Semisal arak attack campuran arak bali dan orange juice. Ciu berasal dari Banyumas. Soal penamaan mungkin ada kaitannya dengan arak merah asal China dengan kadar alkohol mencapai 50-90%.  (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular