Ritual Service Besar, Jangan Lupa Rawat Sasis Juga!

Motorplus - Rabu, 30 Januari 2013 | 09:40 WIB


Teorinya, usia pakai motor 3 tahun sama dengan angka 30 ribu kilometer di spidometer. Jika rajin servis di bengkel resmi, setidaknya pemilik motor sudah alami dua kali servis besar yang biasa dilakukan tiap kali motor tempuh jarak 15 ribu kilometer.

Servis besar ditujukan untuk membersihkan ruang bakar dari arang atau deposit karbon. Juga mengetahui tingkat kebocoran pada payung klep sekaligus piston dan ring di dalam liner silinder. Sebab jika ada salah satu yang lemah, tenaga motor yang jadi taruhannya.

Eits, enggak cuma mesin yang bikin berkendara aman dan nyaman. Rangka dan bodi wajib diperhatikan terutama kelengkapan mur dan baut di bodi. Karena ketika ada satu yang hilang akan mempengaruhi bagian yang lain. Contohnya, getar dan timbul suara berisiko.

Kalau mau lebih yakin, cek juga engine-mounting. Jangan sampai pemegang mesin itu alami keausan. Bahaya! Apalagi jika komponen gunakan karet peredam yang bisa mempengaruhi getar di motor. Makanya periksa kelenturan karet seperti di bushing arm atau karet gir belakang.

Terakhir, coba lakukan pengecekan sasis. Trik ini juga berguna buat yang mau beli motor lama. Biasanya sasis kerap dihinggapi karat akibat endapan air hujan. Ditambah lagi, jika tidak pernah dibersihkan. Fokusnya periksa setiap bagian sambungan sasis. Biasanya itu yang paling rentan diserang karat. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular