Lampu Projector Honda Scoopy FI, Satu Bohlam Dua Fungsi

Motorplus - Kamis, 7 Februari 2013 | 10:38 WIB


Dari banyak fitur baru yang diadopsi New Honda Scoopy FI, salah satu yang menyita perhatian adalah lampu utama menggunakan projector headlight. Ini merupakan terobosan pertama untuk segmen matik di Indonesia.

Dengan lampu jenis ini, dipercaya mampu membuat sorot lampu menjadi semakin terang. Bukan cuma terang, lampu utama pada Scoopy FI juga menjawab kekurangan lampu lampu projector pada umumnya.

"Semua lampu projector ada lensanya. Namun kelemahan lampu projector umumnya, tidak bisa meng-cover lampu untuk jarak dekat dan jauh sekaligus," jelas Sarwono Edhi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM)

Pada Honda Scoopy FI ini lampu jauh dan dekat bisa diperoleh dari satu bohlam saja, atau istilahnya Projector tipe Bi-Halogen. Sedang projector kebanyakan, menggunakan dua bohlam, satu untuk lampu jauh dan satu lagi sebagai lampu dekat.

"Pada Scoopy FI, bohlamnya memiliki 2 filamen, untuk lampu jarak dekat hanya menggunakan satu filamen dan langsung nembak lensa. Sedang untuk lampu jauh kedua filamen menyala dan dipantulkan lagi ke reflektor untuk mengakomodir lampu jauh," urai Sarwono Edhi.

Bohlam yang digunakan Scoopy FI ini berjenis HS-1 dengan kapasitas 35 watt, biasanya bohlam ini ditemukan pada sepeda motor jenis sport. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular