Suzuki Thunder 125, Hasil Sketsa Wajah

Motorplus - Senin, 4 Maret 2013 | 10:51 WIB


Pintar bikin sketsa merupakan anugrah tersendiri bagi Asep Ginanjar. Hasil sketsa Asep kerap mendapat sanjungan dari beberapa teman temannya.

ÔÇ£Biasanya hanya bikin sketsa wajah. Kemudian coba iseng bikin sketsa motor street fighter. Eh malah penasaran diwujudkan dalam dunia nyata di Suzuki Thunder 125 milikkuÔÇØ ujar Asep yang kuliah di Universitas Galuh Ciamis itu.


Agar sketsa bisa jadi nyata, Asep harus meminta bantuan bengkel modifikasi motor. Disambanginya bengkel Auto Garage yang di Jl. Haji Hasan No. 41, Cigembor, Ciamis.

Bengkel yang dikomandoi Falmi Fajri Sidiq ini memang kerap menggarap motor street fighter ala West Jateng Style. Karena pria yang biasa disapa Falmi ini masih keluarga Minorfighter Indonesia dan biasa mendandani motor gaya WJS (West Jateng Style).

ÔÇ£Gambar sketsa asep menarik. Konsepnya gabungan antara motor jalanan pada bagian depan dan motor sport pada bagian belakang,ÔÇØ papar Falmi yang banyak belajar ilmu modifikasi dari Agus Djanuar, pemilik X-K Bike Design.

Untuk memulai, Falmi harus menelanjangi seluruh bodi Thunder. Rangka backbone dipangkas habis. Hanya disisakan centerbone agar tidak mengubah posisi mesin. Kemudian dibuat rangka backbone baru menggunakan pipa diameter ?¢ inci yang sudutnya lebih tinggi dan lebih pendek dari aslinya.


Dibuat bodi custom baru menggunakan fiberglass. Bentuknya hanya mengacu pada gambar sketsa bikinan Asep. Tangki bensin dibuat agak gemuk dengan tujuan bisa menampung banyak bahan bakar. Sedangkan buritan dibuat bergaya motor sport namun tetap menerapkan filosofi single seater ala WJS.

Setelah itu dibuat frame deltabox baru ala Auto Garage dari fiber. Penambahan deltabox dimaksudkan untuk menutup kekosongan bagian mesin. Sehingga motor jadi terlihat bertambah kekar.

Lanjut ke kaki, bagian depan tak banyak diubah. Hanya pemasangan karet pelindung pada as sok depan agar terlihat lebih berotot.

Pada bagian belakang, kaki kaki diubah total. Lengan ayun asli dipensiunkan. Diganti swing aram custom berbentuk melengkung yang dibuat sendiri. Dipadukan monosok Satria yang dipasang sistem unitrack agar mampu meredam guncangan dengan baik. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Corsa 110/70-17
Ban belakang: Swallow 160/60-17
Pelek: V-rossi
Footstep: Yoshimura
Cakram belakang: Suzuki Satria

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular