Spherical Wheel Electric Motorcycle, Meluncur Bersama Bola

Motorplus - Sabtu, 20 April 2013 | 10:11 WIB


Terobosan motor bisa muncul dari berbagai aspek. Termasuk ide dari para mahasiswa Charles W Davidson College Of Engineering ini. Mereka coba ÔÇÿsulapÔÇÖ bola raksasa menjadi roda yang akhirnya jadi sepeda motor yang benar-benar bisa dikendarai.

Bagaimana bola itu bisa menggantikan fungsi roda dan bisa jalan seimbang? Sang senior, Max Ratner dari tim Undergrads menemukan Spherical Drive System. Mereka memilih bola yang dikendalikan enam mesin. Hasilnya, jalannya pun radikal dan dapat bergerak ke segala arah.

Sistem gerak sendiri, memakai sistem algoritma kompleks. Jadi, bisa bergerak zig-zag, menyamping dan berputar di satu tempat. Bolanya sendiri memang didesain biar aktif menyeimbangkan dengan jalanan. Mirip Segway, githu deh!


Terobosan ini sudah diukur menggunakan giroskop elektronik dan akselerometer, tujuannya biar motor nggak rubuh. Kecepatannya motor ini, mencapai 80 km/jam atau lebih. Bahkan konsep ÔÇÿbolaÔÇÖ ini mampu berjalan lebih cepat ketimbang motor roda dua atau roda empat.

Buat rangka, masih pakai sasis baja biasa sebagai konsep awal dengan komponen listrik sebagai dayanya. Mesin motor sangat terlihat dibagian tengah. Para mahasiswa San Jose State University ini juga lagi kembangkan agar tampilan lebih futuristik. (motor.otomotifnet.com)



Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular