Jenis Camshaft, Paling Kuat Forging Dingin

Motorplus - Kamis, 16 Mei 2013 | 14:50 WIB


Camshaft alias noken-as atau kem dibedakan jenisnya berdasarkan proses produksi. Hasil dari dua proses produksi kem bisa dilihat secara kasar mata. Tapi, proses pembuatan noken-as menentukan tingkat kekuatannya. Sementara ini yang dianggap punya ketahanan tinggi noken-as yang diproses dengan forging dingin.

ÔÇ£Forging dingin teknologi milik Musashi. Dibentuk langsung dari material mentah dan diforging. Tapi, pro- sesnya lewat temperatur rendah, bukan temperatur tinggi seperti bikin piston forging,ÔÇØ urai Sugeng Widodo, Engineering PT Musashi Indonesia (MI). MI produsen kem yang menyuplai untuk pabrikan motor di Indonesia.

Kekuatan noken-as forging dingin diproduksi langsung dari material padat yang langsung dibentuk dengan cara ditempa atau dipukul. Kemudian dilakukan proses machining menggunakan CNC agar jadi kem sesuai spesifikasi.

Rasio NG-nya lebih rendah karena hardening dilakukan di semua bagian kem. NG artinya satuan perbandingan resiko logam terhadap tingkat kekeroposan. ÔÇ£Proses produksinya lebih singkat. Jadi harga bisa lebih murah. Bentuknya kelihatan kem forging semua permukaannya halus,ÔÇØ kata Sugeng yang juga perancang kem racing untuk tim balap Honda.


Jenis kem yang kedua disebut camshaft casting. Produksinya lewat casting alias ngecor logam untuk dijadikan kem mentah. Setelah itu baru dibentuk jadi noken-as sesuai spesifikasi. ÔÇ£Proses hardeningnya enggak bisa menyeluruh. Biaya produksinya lebih mahal dibanding kem forging dingin. Ciri noken-as casting beberapa bagian kasar,ÔÇØ ujar Sugeng.

Secara teknis juga, camshaft casting punya rasio NG tinggi. Artinya, bagian resiko keroposnya tinggi. Kalau begitu, kem casting beresiko patah.

Selain dua jenis kem yang dibedakan dari proses produksinya, ada kem yang sudah ditambahkan dengan bahan dasar mangan. Jenis ini disebut kem manganese.

ÔÇ£Sementara ini kem yang dilapisi mangan dasarnya kem casting. Biasa dipakai untuk motor-motor sport generasi baru,ÔÇØ ulas Sugeng yang berkaca mata. Kelebihan kem yang dilapis mangan permukaannya lebih halus. Warna seluruh kem abu-abu tua.

ÔÇ£Mangan mampu mengurangi efek gesekan dengan komponen lain,ÔÇØ tutup Sugeng. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular