Suzuki dan TVS Pengekspor Motor Buatan Indonesia Terbanyak!

Motorplus - Senin, 10 Juni 2013 | 12:32 WIB


Meski jumlahnya tidak besar, tapi ekspor sepeda motor buatan Indonesia ke luar negeri tetap dilakukan. Bila dibandingkan dengan penjualan dalam negeri, ekspor sepeda motor dari Indonesia masih belum ada apa-apanya.

Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat sepanjang 2013 dari Januari sampai Mei, hanya ada 14.352 unit sepeda motor yang diekspor. Sedang pada 2012 lalu, total ekspor mencapai 60 ribu unit. Padahal total pasar dalam negeri di 2012 mencapai 7 juta unit.

Di tahun 2013 ini, TVS dan Suzuki jadi yang paling dominan. Dalam 5 bulan, TVS sudah mengekspor 5.489 unit sepeda motor. TVS memang menjadikan pabrik perakitannya di Indonesia sebagai basis produksi untuk penjualan motor India ini di beberapa negara di Asia.

Sedang Suzuki sudah mengirim 4.763 unit sepeda motor. "Kita kirim ke beberapa negara di Asean seperti Philipina, Vietnam dan Malaysia. Modelnya seperti Nex dan Satria 150FU," beber Kenji Mori, 2W Export PT Suzuki Indomobil Sales.

Kawasaki juga mengirimkan model-model bebeknya ke beberapa negara seperti Philipina, begitu juga dengan Honda yang masih rutin memasarkan sepeda motor ke Timor Leste. Yamaha pun terus melakukan hal sama.  

(motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular