Cara Instan Buka Bak Kopling, Sambil Tekan Kopling

Motorplus - Sabtu, 15 Juni 2013 | 16:54 WIB


Bagi yang awam, buka bak mesin sebelah kanan (bak kopling) katanya ribet betul. Setelah semua baut dan peranti pendukungnya terlepas, konon paking kertas sambungan blok mesti dicungkil obeng atau kape. Setelah itu juga mesti dipukul pakai martil khusus, biar gampang terbuka.

Namun, cara tersebut bukan satu-satunya yang bisa dilakukan. Ada trik cepat buka bak mesin tanpa dicungkil atau dipukul. Yaitu, dengan menarik handel kopling atau menekan tuas persneling pakai kaki kiri. Sehingga, bak mesin yang tidak terikat baut lagi akan mudah terdorong keluar.

ÔÇ£Hal itu karena tuas pengungkit di bak mesin yang mestinya mendorong kampas kopling, justru menekan bak mesin. Kebetulan, bak kopling juga sebagai dudukan atau tumpuan as persneling waktu difungsikan. Karena tidak dibaut, bak kopling jadi mudah lepas,ÔÇØ ujar Frans Nieco, mekanik Mr. Montir 048 di Jl. Mekarsari, Kav. 1, No. 6, Bekasi. Telepon (021) 92696448.

Cuma, trik ini enggak bisa diterapkan ke semua jenis motor. Yaitu enggak bisa dipakai di sistem kopling inner push, macam Yamaha Vega. Tapi, kopling sistem outer push seperti Honda Supra, Suzuki Smash, Kawasaki Kaze atau sistem kopling outer pull di Honda Tiger, Suzuki Satria F-150 bisa.

ÔÇ£Sebenarnya dipukul pakai palu plastic atau karet masih dibenarkan mas. Tapi, harus pakai teknik yang benar. Yaitu, dengan cara silang atas-bawah atau kanan-kiri,ÔÇØ aku Frans. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular