Tes Knalpot Racing WRX GP5 di Yamaha X-Ride, Power Meningkat!

Motorplus - Selasa, 25 Juni 2013 | 20:39 WIB


Dari tampilan sudah beda dari skutik lainnya, Yamaha X-Ride diklaim layak untuk segala medan, tapi bagi sebagian orang lagi performanya kurang mumpuni, untuk mengakalinya tidak ada salahnya mencoba knalpot aftermarket alias knalpot racing.

Emang udah ada yang bikin knalpot racing buat X-Ride??? Tenang bro, karena mesinnya sama persis Mio J dan Soul GT, pasang aja knalpot dari kedua motor tersebut. Salah satu yang sudah banyak beredar di pasaran adalah bikinan lokal berlabel WRX GP5.

Penasaran juga sih sebesar apa peningkatan tenaga jika X-Ride memakai knalpot ini, kami pun mengujinya di atas mesin dynometer milik Ultraspeed dibilangan Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 42, Ciledug, Tangerang.



Sebagai perbandingan dalam kondisi standar, motor yang benar-benar baru ini didapat besaran tenaga 7,617 Hp di 6,700 rpm dan torsi 8,150 Nm pada 6,550 rpm.

Motor kembali di-running di atas mesin dyno untuk kedua kalinya. Kali ini sudah dengan knalpot racing WRX GP5. Meski suara sedikit mengelegar tapi enggak sampai bikin tetangga marah kok. Hasilnya pun, horsepower yang didapat naik jadi 8,027 Hp pada 6,860 rpm dengan torsi 8,400 Nm di 6,600 rpm.

Oiya, sebagai catatan, peningkatan tenaga ini hanya dilakukan dengan penggantian knalpot racing, belum ada ubahan lain termasuk memasang piggyback atau melakukan setting CO. Lumayan kan ada peningkatan!



"Knalpot ini sebenarnya bisa digunakan untuk mesin bore up sampai 155 cc, tapi pada motor standar peningkatan tenaganya juga sudah langsung terasa," beber Indrawan, dari pabrikan knalpot WRX sambil menyebut harga ada di kisaran Rp 600 ribuan. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular