Ganti Bohlam Lampu Belakang Vario 125, Bikin Nyalanya Agresif

Motorplus - Minggu, 30 Juni 2013 | 09:12 WIB


Desain lampu belakang Honda Vario Techno 125 PGM-Fi memang lebih agresif. Tentu jika dibandingkan dengan generasi terdahulunya, yaitu Vario 110. Bisa dilihat dari samping yang bentuknya sangat tajam bersiku. Sehingga jumlah bohlam yang dipakai lebih banyak, terutama bagian lampu rem belakang yang posisi pasang bohlamnya terpisah.

Lantaran penempatan dua bohlam lampu rem terpisah di kanan dan kiri, jika ada salah satu bohlam putus bentuk sinar lampu bagian belakang skubek ini jadi terlihat aneh.

ÔÇ£Repotnya lagi kalau hampir semua bohlam putus. Sangat bahaya buat pengendara maupun penunggang motor lain. Makanya, segera ganti bohlam yang putus,ÔÇØ ujar Hadian, mekanik Bintang Motor di Jl. Kafi I, Serengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Ingin kejadian tersebut tak dialami sobat? Yuk, ikuti cara Hadian memperbaikinya seperti gambar di bawah ini.


Langkah pertama yang mesti dilakukan mengecek kondisi bohlam lampu belakang dan rem. Cara ini wajib dilakukan buat semua pengendara motor sebelum perjalanan. Jika memang ada salah satu bohlam lampu belakang atau rem putus, baiknya diganti. Biar mudah, cover dudukan lampu pelat nomor di bawah lampu mesti dilepas. Kendurkan 3 sekrupnya.

Jika kedapatan ada bohlam lampu belakang atau lampu rem putus, gantilah bohlam model tancap original dengan spek 12V/10W. Part ini dapat dibeli di bengkel resmi Honda. Buat ganti bohlam di dalam mika lampu, fitting atau dudukan bohlam berbahan karet mesti dilepas dari lubang dudukan fiting di balik rumah mika lampu. Cara copotnya, diputar dulu sebelum ditarik keluar.

Setelah fitting lampu terpisah dari lubang dudukannya, langkah selanjutnya ganti bohlam putus tadi. Caranya, tinggal cabut dan tancap bohlam baru ke fiting karet tanpa harus diputar, apalagi dikunci.

Jika bohlam sudah tertancap, proses berikutnya adalah memasang fiting bohlam ke rumah mika lampu. Triknya, tinggal masukan trus diputar buat dapat posisi kunci yang pas. (motorplus-online.com) 

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular