Pasang Raiser Setang, Handling Yamaha X-Ride Lebih Lincah

Motorplus - Senin, 9 September 2013 | 22:33 WIB

Asyiknya punya skubek Yamaha X-Ride bisa dipakai di dua alam. Buat jalan raya mantap, adventure di jalan kriting juga okeh ajah. Nah, kalau mau nyaman melibas jalan kasar, handlingnya harus diseting ulang. “Posisi setang standarnya harus dibikin lebih tinggi. Umumnya, di motor trail harus ditambah raiser atau peninggi setang,” ujar Roby Handa, juragan bengkel Robysteam Dirt Bike di Arteri Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Langkah ini juga bisa dilakukan buat penunggang X-Ride bertubuh tinggi 180 cm. Jadi, ketika berbelok tajam, setang tak mentok lutut.


Solusinya pasang raiser atau peninggi setang agar tak mentok kaki lagi. Enggak perlu repot cari raiser buat X-Ride, bisa aplikasi yang universal. Banyak beredar di pasaran dan biasa diaplikasi pengguna motor trail. “Posisi setang jadi lebih tinggi. Bedanya sampai 3 cm, ini yang bikin handling di lintasan kasar lebih mantap” lanjut pria kelahiran Jakarta ini.

Berbagai model raiser setang yang beredar di gerai variasi banyak pilihannya. Ada yang berlabel AHRS, Techno, WRD, Force dan SND. Harganya juga bervariatif, mulai Rp 125 ribu sampai Rp 275 ribuan. Tersedia buat setang standar dan oversize alias buat setang model Fatbar.

Untuk pasangnya, juga enggak terlalu repot kok. Tahap awal, lepas raiser setang standar. Namun sebelumnya harus melepas cover plastik penutup baut L 5 yang mengunci raiser.


Oh ya! Buat memudakan pemasangan setang, sobat lepas juga baut pengunci handel kanan yang jadi satu dengan dudukan spion pakai kunci L5. Setelah itu, baru raiser aftermarket bisa dipasang.

Kelengkapannya, sudah tersedia baut panjang yang mengikat ke dudukan raiser standar. Tetapi kalau mau ganti setang model oversize atau Fatbar, harus aplikasi raiser yang dudukan lubang setangnya lebih besar. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular