Suzuki Thunder 250, Permainan Pipa Seamless

Motorplus - Sabtu, 14 September 2013 | 09:31 WIB

Tampang Suzuki Thunder 250 bukan enggak bagus. Hanya saja, Hendy Prasongko bukan tipe orang yang mudah puas dengan apa yang dimilikinya. Baginya, tampilan Thunder lebih ke arah pecinta touring. Makanya doi pengen tampilan standar sport 250 cc satu silinder itu dirombak, biar nggak ada yang meniru motornya. Nah lho!

“Ubahannya diserahkan ke teman sendiri. Kebetulan dia mulai mengerjakan modifikasi lagi, setelah lama sempat vakum dari dunia modifikasi,” bilang Hendy sambil memperkenalkan Didik Wahyudi sang builder.


Membawa nama rumah modifikasiZat Besi Cycles, Didik mengusung tema Jap style yang lagi banyak gemari pecinta modifikasi tanah air. Untuk framenya Didik lebih memilih rangka bawaan pabrik diganti dengan pipa baja seamless model kotak ukurannya 4x4 cm. Menurutnya, pipa kotak lebih kuat jika dibandingkan bawaan pabrik.


“Merambah bagian sub frame, saya masih percayakan seamless. Tapi, bukan yang kotak. Ini kali pakai pipa bulat diameternya 1 dim dan panjangnya 45 cm dari main frame,” tutur modifikator dari Jl.Sumatra No. 83 Jember, Jawa Timur.

Bagian kaki-kaki juga kena imbas tangan usil Didik. Buktinya bisa melirik suspensi depan yang mencomot milik Yamaha Byson, diameternya lebih gede.Sekitar 45 mm. “Gantinya berikut as komstir dan segitiga atas-bawah, supaya pemasangannya lebih enak,” imbuh pria berumur 43 tahun ini.

Melengkapi kaki-kaki bagian belakang, besi pemegang pelek dan roda belakang atau yang lebih dikenal swing arm pun dibikin dari pipa seamless. Biar tampak beda, diberi sentuhan model stabilizer oleh modifikator yang membawa bendera Zat Besitetapi bukan tukang besi ini.

“Buat arm, diameter pipanya saya pakai yang ukuran 1 dim. Lebar stabilizer sekitar 20 cm dengan panjang 40 cm. Ini ukuran yang pas untuk ban berukuran 3,50x17,” aku penyuka olah raga sepeda downhill ini.


Finishing terakhir, melengkapi ubahan jap style ala Didik, bagian tangki, bodi dan sepatbor sekalian dibuatkan dari plat baja tebal sekitar 2 mm. Tetapi, agar terlihat dinamis, maka sedikit dirampingkan. Makanya tidak terlalu terlihat tebal.

“Untuk tangkinya, bisa terisi sekitar 8 liter. Bagian luarnya saya buatkan lekukan yang ditujukan untuk tumpuanlutut, supaya lebih nyaman kala riding,” tutupnya bangga, setelah sekian lama vakum dari dunia modifikasi.

Bakal ketagihan modifikasi lagi nih bro. (www.motorplus-online.com)

 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Avon 3,25X19
Ban belakang : Avon 3,50X19
Pelek depan : TK Japan 1,60x19
Pelek belakang : TK Japan 1,80x19
Zat Besi Cycles : (0331) 323800
 

Penulis : Candra

Foto : Candra

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular