Bikin Yamaha Soul GT Makin Sporty dan Pakem

Motorplus - Rabu, 25 September 2013 | 10:35 WIB

Selain bikin pakem, pemakaian master rem dengan posisi penampung minyak rem terpisah juga bikin sporty tampilan motor. Apalagi, di pasaran juga banyak beredar variasi aftermarket peranti ciet ini. Dari merek yang biasa, hingga branded dalam urusan pengereman. Nah, enggak ada salahnya dandani sektor ini.

Yamaha Soul GT yang punya desain serba ‘lancip’, cocok juga buat aplikasi perangkat rem tabung terpisah ini. Yukz, kita coba pasang part dari Brembo tipe RCS 15. Sebelumnya siapkan dulu alat-alatnya. Kunci L5, obeng kembang alias plus, kunci 8 mm, dan kunci 14 mm.


Tahap awal, kendurkan kedua baut spion pakai Kunci 14. Setelah itu, dilanjut dengan mencopot baut-baut yang tersebar pada bagian cover setang pakai kunci L5. Melepasnya, per bagian ya bro. Mulai dari cover atas depan, trus cover headlamp, cover belakang, satu set bareng spidometer semua dicabut. Dan terakhir, slang rem.

Langkah selanjutnya, ganti rem standar dengan master cylinder RCS 15 yang juga kerap diaplikasi di pacuan balap itu. Setelah terpasang, kencangkan bautnya pakai kunci 8. Pastikan slang rem dan tabung minyak terpasang. Lanjut isi minyak ke dalam tabung. “Biasanya, minyak rem yang sering digunakan pakai DOT 4,” tutur Bimo Zulfiliazi, mekanik BMS yang bantuin pasang remnya.


Kalau semua sudah lengkap, lakukan penyetelan ulang. Setelah dirasa sip, baru pasang kembali cover setang, cover lampu, cover belakang dan spidometer. Caranya, ya kebalikan dari membuka. Oh ya. Ketika aplikasi perangkat rem model ini, biasanya suka diikuti dengan penggantian slang rem juga lho. “Sebenarnya, slang rem tetap bisa pakai yang standar. Tetapi biar fungsi dan tampilannya maksimal, baiknya ganti pakai slang model anyaman logam,” aku Bimo lagi.

Nah, sobat yang punya niatan ganti rem konvensional dengan master cylinder model begini, tersedia beberapa pilihan. Semuanya universal, alias bisa dipakai ke semua motor. Ada KTC yang buka harga Rp 1 juta, R1 di banderol Rp 1,7 juta, IR6 seharga Rp 650 ribu, dan Brembo RCS 15 dijual Rp 3,5 juta. Monggo tinggal pilih. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular